Peran Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (ORMEK) Dalam Pembinaan Intelektual Melalui Gerakan Literasi Berbasis Islam (Studi Kasus HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Ponorogo)

Romadhon, Yanuar Fajar (2024) Peran Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (ORMEK) Dalam Pembinaan Intelektual Melalui Gerakan Literasi Berbasis Islam (Studi Kasus HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180464_YANUAR FAJAR ROMADHON_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu penunjang pendidikan dan menjadi sebuah wadah pembinaan dari manusia adalah organisasi, organiasi adalah bentuk dari pendidikan yang berada pada ranah non-formal atau pendidikan yang berbasis dengan lingkungan dan masyarakat. Salah satu jenis organisasi kemahasiswaan adalah organisasi mahasiswa ekstra kampus, dimana ormek menjadi sebuah fasilitas dan juga wadah bagi mahasiswa yang menjadi bagian didalamnya. HMI, PMII, GMNI, KAMMI, IMM, dan lain sebagainya adalah sebagian kecil contoh organisasi ekstra kampus yang eksis dikalangan mahasiswa dalam kampus, selain itu HMI menjadi ormek tertua di Indonesia yang menawarkan banyak fasilitas, salah satunya adalah pembinaan intelektual melalui gerakan literasi yang berkaitan dengan keislaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran organisasi mahasiswa ekstra kampus dalam pembinaan intelektual melalui gerakan literasi berbasis Islam, (2) metode yang digunakan organisasi mahasiswa ekstra kampus dalam pembinaan intelektual melalui gerakan literasi berbasis Islam, (3) manfaat yang didapatkan dari pembinaan intelektual melalui gerakan literasi berbasis Islam dalam organisasi mahasiswa ekstra kampus.
penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara, serta menggunakan analisis data yang berdasarkan teknik analisis dari Miles dan Hubberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran organisasi ekstra kampus meliputi Pengembangan pemahaman ke-Islaman khas HMI, membangun perkembangan minat dan bakat, menciptakan insan yang berintelektual Islam, menjadi miniatur kehidupan bermasyarakat, pendidikan non formal dan informal. (2) metode yang digunakan pengurus bidang PPPA HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Ponorogo antara lain Metode kajian, perefleksian, pebiasaan, mentoring dan membimbing anggota, membaca buku baik kitab ataupun buku karya ilmiah, diskusi, bedah buku, PKTI dan taddabur alam (3) dampak positifnnya adalah timbulnya rasa kepercayaan, keinginan yang kuat dalam berporses di organisasi, rasa kepercayaan diri, keinginan yanng kuat dalam berporses di organisasi, belajar secara mandiri, public speaking yang baik, pengalaman-pengalaman sebagai bekal berkehidupan di masyarakat, Menambah khasanah pemahaman ke-Islaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2024 07:57
Last Modified: 03 Dec 2024 07:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/31000

Actions (login required)

View Item View Item