Maulana, Aan Alif (2022) Implementasi Model Pembelajaran PAIKEM Pada Mata Pelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Hikmah Ngrayun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208180044_AAN ALIF MAULANA_TADRIS IPS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Strategi model pembelajaran PAIKEM didesain untuk menciptakan suasana
pembelajaran yang merangsang keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran,
sehingga siswa mempunyai sikap kemandirian, mampu berpikir kritis, dan kreatif. Maka dari itu
guru dituntut untuk kreatif melakukan berbagai strategi yang sesuai dengan pelajaran dan
diharapkan dapat diterima dengan mudah oleh siswa. Sehingga motivasi belajar siswa akan
meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui bagaimana implementasi
model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas
VIII di MTs Al-Hikmah Ngrayun. 2). Untuk mengetahui masalah apa yang dihadapi oleh guru
pada saat penerapan model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran IPS terhadap motivasi
belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Hikmah Ngrayun. 3). Untuk mengetahui bagaimana
tanggapan siswa mengenai penerapan model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran IPS
terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Hikmah Ngrayun.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan penelitian lapangan (field
research). Subjek penelitian adalah guru IPS dan siswa-siswi MTs Al-Hikmah Ngrayun.Adapun
untuk teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi.Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan dari hasil analisis dapat diketahui bahwa: 1) penerapan model
pembelajaaran PAIKEM pada mata pelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di
MTs AL-Hikmah Ngrayun dilaksanakan dengan menggunakan metode diskusi dan pembagian
kelompok. Siswa memiliki kesempatan untuk menyampaikan pendapat, komunikasi yang
interaktif antara guru dan siswa, siswa dengan guru dan sesama siswa. Minat belajar siswa
menjadi meningkat. 2) masalah yang dihadapi guru antara lain masih kurangnya reverensi dan
media pembelajaran. 3) tanggapan siswa menunjukkan minat belajar yang antusias, siswa
menjadi aktif dan kreatif, berinovasi dalam proses pembelajaran, pembelajaran menjadi
menyenangkan, menjalin komunikasi yang baik antara guru dengan siswa maupun siswa dengan
siswa, meningkatkan motivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nastiti Mufidah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 06:11 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 06:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30976 |
Actions (login required)
View Item |