Istiqomah, Istiqomah (2022) Kemampuan Komunikasi dalam Berliterasi Sains Peserta Didik Kelas VII di SMP Fathul Muna Sambit, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180120_WAFA' DIAH NUR'AINI_TADRIS IPA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di era modernisasi abad 21 menuntut manusia
untuk mengikuti perkembangan agar mendapatkan pengetahuan yang baru dan mempelajari
fenomena yang terjadi dikehidupan sehari-hari. Pendekatan literasi sains saat ini sangat
dibutuhkan peserta didik karena mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan
kemampuan komunikasi untuk memecahkan suatu masalah. Literasi sains merupakan
kemampuan untuk mengenali masalah dan menjelaskan fenomena yang ada di lingkungan
sehingga literasi sains sangat erat hubungannya dengan kemampuan komunikasi. Salah satu
SMP di Ponorogo yaitu SMP Fathul Muna Sambit Ponorogo telah menerapkan literasi sains
dalam pembelajaran IPA kelas VII, hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk menganalisis
kemampuan komunikasi peserta didik yang telah belajar dengan pendekatan literasi sains.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kemampuan komunikasi dalam
berliterasi sains; 2) faktor pendukung yang mempengaruhi kemampuan komunikasi dalam
berliterasi sains; 3) upaya guru dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dalam
berliterasi sains peserta didik kelas VII di SMP Fathul Muna Sambit Ponorogo.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan desain naturalistic.
Teknik pengambilan data yaitu menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi
dengan subjek penelitian yaitu 12 peserta didik kelas VII dan guru IPA SMP Fathul Muna
Sambit Ponorogo. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui deskriptif
kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan komunikasi dalam berliterasi sains
peserta didik kelas VII di SMP Fathul Muna Sambit Ponorogo lebih dominan pada indikator
yang ketiga yaitu mengolah data, hal ini dikarenakan peserta didik mampu melengkapi,
membaca dan mengklasifikasikan data. Posisi kedua yaitu indikator kemampuan menggali
informasi dan yang ketiga adalah kemampuan menyampaikan ide, gagasan dan pendapat; 2)
Faktor pendukung yang mempengaruhi kemampuan komunikasi dalam literasi sains peserta
didik kelas VII di SMP Fathul Muna Sambit Ponorogo adalah penggunaan metode dan model
yang bervariasi, motivasi dari guru dan fasilitas yang diberikan sekolah; 3) Upaya guru dalam
meningkatkan kemampuan komunikasi dalam berliterasi sains peserta didik kelas VII di SMP
Fathul Muna Sambit Ponorogo di antaranya adalah dengan memberikan pertanyaan yang
berbasis masalah, pembentukan kelompok secara heterogen dan memberikan peluang
membaca di perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:55 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 04:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30972 |
Actions (login required)
View Item |