Efektivitas Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berorientasi Socioscientific Issue Terhadap Keterampilan Observasi Peserta Didik Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan

Nafi’ah, Villya Maulida (2022) Efektivitas Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berorientasi Socioscientific Issue Terhadap Keterampilan Observasi Peserta Didik Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180118_VILLYA MAULIDA NAFI'AH_TADRIS IPA-1.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Pada pelajaran IPA khususnya kurikulum 2013 peserta didik dituntut untuk menguasai
keterampilan proses sains salah satunya keterampilan dasar yaitu keterampilan observasi. Namun
pada kenyatannya masih banyak peserta didik di indonesia yang belum mampu menguasai
keterampilan observasi seperti halnya peserta didik di MTs Al-Kholily Maunah Sari yang
memiliki nilai rata-rata keterampilan masih dalam kategori kurang. Hal ini dipengaruhi fasilitas
IPA yang masih kurang serta pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih bersifat
konvensional.
Dari latar belakang masalah MTs Al-Kholily Maunah Sari peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian di MTs tersebut dengan menerapkan model pembelajaran PjBL berorientasi
socioscientific issue. Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui bagaimana keterlaksanaan
pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PjBL berorientasi socioscientific issue, 2)
Mengetahui bagaimana aktivitaspeserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran PjBL
berorientasi sociscientific issue, dan 3) Mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran
PjBL berorientasi socioscientific issue terhadap keterampilan observasi peserta didik kelas VII.
Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di MTs Al-Kholily Maunah Sari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pada
penelitian ini peneliti menggunakan model Quasi Eksperimtal Design dengan desain penelitian
Posttest-Only Control Design. Untuk mengukur hasil akhir, peneliti menggunakan soal post test
kepada peserta didik.
Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan dan aktivitas peserta didik, kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model PjBL dapat menambah keaktifan peserta didik
dengan diukur dari ketercapaian sintak model PjBL. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa
model pembelajaran PjBL berorientasi socioscientific issue efektif terhadap keterampilan
observasi dengan nilai sig sebesar 0,000. Tentunya pencapaian tersebut dipengaruhi oleh faktor-
faktor keterampilan observasi yaitu adanya rasa ingin tahu, adanya pemikiran terbuka serta
catatan lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 04:30
Last Modified: 03 Dec 2024 04:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30966

Actions (login required)

View Item View Item