Anugrah, Wina Tri (2022) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Kedisiplinan Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Slahung Ponorogo Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208180083_WINA TRI ANUGRAH_TADRIS IPS untuk ethesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kedisiplinan belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal seperti
lingkungan keluarga dan minat belajar. Kehidupan sehari-hari sangat mempengaruhi kedisiplinan
anak terutama pada kedisiplinan belajar. Seorang peserta didik lebih banyak mendapat pengaruh dari
lingkungan keluarganya sendiri, entah itu orang tua, saudara ataupun dirinya sendiri. Lingkungan
keluarga merupakan faktor yang utama dan pertama dalam pembinaan pribadi dan merupakan salah
satu faktor yang paling berpengaruh dalam Pendidikan. Keluarga merupakan faktor dalam
pembentukan sebuah kedisiplinan, akan tetapi lingkungan keluarga juga dapat menjadi penyebab
kesulitan dalam berdisiplin. Akan tetapi jika disiplin telah dilakukan sejak dini oleh keluarga terutama
orang tua, maka disiplin merupakan sebuah kebiasaan. Selain lingkungan keluarga, faktor yang dapat
mempengaruhi kedisiplinan adalah minat akan sesuatu hal yang menarik dalam pembelajaran. Minat
juga dapat mempengaruhi sikap seseorang. Minat belajar merupakan salah satu dari faktor internal
yaitu faktor psikologis, minat memiliki pengaruh yang besar dalam prestasi belajar. Seorang peserta
didik yang memiliki minat yang tinggi dalam mempelajari sesuatu akan mendapatkan hasil yang
tinggi juga, dapat disimpulkan bahwa jika peserta didik memiliki minat yang tinggi terhadap pelajaran
yang sedang dipelajari maka akan cenderung disiplin dalam belajar
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah lingkungan keluarga berpengaruh
secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Slahung
Ponorogo ajaran 2021/2022, (2) Mengetahui apakah minat belajar berpengaruh secara signifikan
terhadap kedisiplinan belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Slahung Ponorogo ajaran
2021/2022, (3) Mengetahui apakah lingkungan keluarga dan minat belajar berpengaruh secara
signifikan terhadap kedisiplinan belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Slahung
Ponorogo ajaran 2021/2022.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan dengan
jenis penelitian ex-post facto. Peneliti menggunakan angket dalam pengumpulan data dengan
berpedoman pada skala likert. Sedangkan dalam teknik analisis data peneliti menggunakan rumus
statistic yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Pada penelitian ini menggunakan
populasi dan sampel sebanyak 69 dan Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Lingkungan keluarga berpengaruh secara
signifikan terhadap kedisiplinan belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Slahung
Ponorogo ajaran 2021/2022 sebesar 18,1% dan 81,9% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) Minat belajar
berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 2 Slahung Ponorogo ajaran 2021/2022 sebesar 55,2% dan 44,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
(3) Lingkungan keluarga dan minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan
belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Slahung Ponorogo ajaran 2021/2022 sebesar
52,9% dan 47,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nastiti Mufidah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:25 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 04:25 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30964 |
Actions (login required)
View Item |