Shima, Silvia Nazahatul (2022) Penerapan Model Inkuiri Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif di SMP Negeri 1 Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180110_SILVIA NAZAHATUL SHIMA_TADRIS IPA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pada abad-21 terjadi berbagai perubahan secara cepat
pada kehidupan yang dijalani manusia diberbagai bidang.
Pendidikan di era ini dituntut untuk dapat menghasilkan suatu
pola pikir yang mampu menghadapi tantangan pada abad-21.
Namun, meningkatkan kemampuan berpikir kreatif di dalam
pendidikan IPA belum menjadi sesuatu yang diperhatikan dan
dijadikan target utama kemampuan yang harus dicapai.
Permasalahan yang diangkat oleh penulis dalam penelitian ini
adalah tentang rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta
didik. Peserta didik kurang aktif dan berminat pada materi
pembelajaran. Serta kurang bervariasinya model dan metode
yang diterapkan. Permasalahan tersebut dapat diatasi
menggunakan penerapan model Inkuiri dengan metode
Demonstrasi. Model Inkuiri merupakan model pembelajaran
yang dalam pelaksanaannya proses belajar mengajar dengan
membuat peserta didik aktif serta dapat menemukan cara
tersendiri dalam mempelajari suatu pengetahuan. Metode demonstrasi adalah proses melalui proses memperagakan alat,
peristiwa, peraturan serta urutan dalam melaksanakan suatu
kegiatan. Perpaduan antara metode pembelajaran inkuiri
dengan metode demonstrasi dapat membuat kegiatan belajar
mengajar lebih bermakna karena dalam prosesnya peserta didik
dapat melihat lebih nyata suatu permasalahan kemudian
memecahkan permasalahan yang dihadapinya sehingga dapat
mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya.
Tujuan dalam penelitian ini meliputi mengetahui
bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan
model Inkuir dengan metode Demonstrasi, mengetahui
bagaimana aktivitas peserta didik ketika diterapkan model
Inkuiri dengan metode Demonstrasi pada saat pembelajaran,
dan mengetahui bagaimana pengaruh model Inkuiri dengan
metode Demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain Quasi Eksperimental dan dengan metode
posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Balong. Sampel yang
digunakan dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII D
dan VIII E di SMP Negeri 1 Balong. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar
aktivitas peserta didik yang dianalisis secara deskriptif
kualitatif dan inferensial statistik menggunakan uji-t two tailed
dan uji-t one tailed.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa
keterlaksanaan pembelajaran yang menerapkan model Inkuiri dengan metode Demonstrasi termasuk dalam kategori baik.
Pada aktivitas peserta didik yang menerapkan model Inkuiri
dengan metode Demonstrasi termasuk dalam kategori baik dan
terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan
hasil Uji-t Two Tailed didapatkan nilai sig. P-value sebesar
0.000 < 0.05, sehingga H0 ditolak. Jadi, dapat diketahui bahwa
terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif
peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain
itu untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik
mana yang lebih baik dapat dilihat dari nilai hasil Uji-t One
Tailed yang mendapatkan hasil P-value sebesar 0.000 < 0.05,
sehingga H0 ditolak. Jadi, dapat diketahuibahwa rata – rata
kemampuan bepikir kreatif kelas eksperimen lebih tinggi
daripada kelas kontrol. Faktor yang mempegaruhi kemampuan
berpikir meliputi motivasi, intelegensi, iklim pembelajaran,
model pembelajaran yang diterapkan, kombinasi teknologi dan
strategi pembelajaran yang digunakan, pendekatan
pembelajaran yang digunakan, serta kemampuan bertukar ide
dan kerjasama di dalam kelompok belajar. Hasil dari penelitian
ini adalah terdapat pengaruh penerapan model Inkuiri dengan
metode Demonstrasi terhadap peningkatan kemampuan
berpikir kreatif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Sofwan Hadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:17 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 04:18 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30959 |
Actions (login required)
View Item |