Analisis Penanaman Rasa Kepedulian Sosial Anak Terhadap Pendidikan Sains Berkelanjutan Pada Era Modern Di Smp Negeri 3 Cepu

Nuryani, Nuryani (2022) Analisis Penanaman Rasa Kepedulian Sosial Anak Terhadap Pendidikan Sains Berkelanjutan Pada Era Modern Di Smp Negeri 3 Cepu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180104_Nuryani_Revisi+Skripsi+.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di zaman yang sudah sangat maju ini bagi sebagian
orang lebih menggantungkan hudup pada alat-alat digital.
Kesadaran atas kesosialan dirasa kurang seimbang dengan gaya
hidup yang bisa dikatakan sebagai gaya hidup barat.
Disamping itu juga, akibat dari pandemi sendiri yang membuat
sebagian orang lebih memilih untuk mengandalkan teknologi
seperti sosial media dan lain sebagainya dari pada manusia
lain. Penggunaan jejaring sosial yang seperti itu secara
berlebihan akan berpengaruh pada tingkat kepekaan sosial
seseorang yang akan terus menurun. Akibat dari kemajuan
teknologi juga masyarakat khususnya anak-anak sudah mulai
kehilangan rasa kepedulian yang diidentikkan dengan budaya
timur, hilangnya insentifitas terhadap orang lain akan
berdampak pada sikap sosial. Selain itu, masuknya dunia barat
dapat merubah tatanan norma bahkan budaya Indonesia sendiri.
Dengan seperti itu, akan lebih baik jika generasi muda sedikit
diberi ruang untuk mengembangkan sikap sosial mereka
melalui penanaman rasa kepedulian sosial terutama melalui
pendidikan sains.
Untuk tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis secara mendalam tentang (1) usaha yang
dilakukan SMPN 3 Cepu dalam menanamkan rasa kepedulian
peserta didik di lingkup pendidikan sains, (2) untuk
mengetahui segala macam faktor dan kendala yang
menyebabkan keharusan dalam menanamkan sikap peduli
sosial di SMPN 3 Cepu, dan (3) untuk mengetahui hubungan
keterkaitan antara penanaman rasa kepedulian sosial dengan
pendidikan sains. Selain tujuan tersebut, terdapat juga metode
dalam penelitian ini ialah dengan metode penelitian berupa
penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa
wawanara dan observasi, yang mana dilakukan pada bulan
Maret tahun 2022 dan berlokasi di SMP Negeri 3 Cepu, Blora
Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian etnografi. Tujuan menggunakan
pendekatan kualitatif adalah agar memperoleh data dan
informasi yang lebih mendalam saat proses pengumpulan data.
Di sisi lain, penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian
etnografi. Selain itu, dalam proses pereduksian data dibantu
dengan software yang bernama QDA (Qualytatif Data
Analysis), software ini termasuk salah satu perangkat yang
berlisensi atas nama Norman Paladeu. QDA sendiri dirilis pada
tahun 2004 dan keberadaannya mudah dijangkau semua
kalangan. Karena perangkat ini dikembangkan oleh Provalis
Research, maka memang ditujukan untuk membantu
menganalisis, mengkode, serta mengola data dalam penelitian
kualitatif.Dalam penelitian ini menghasilkan beberapa temuan
terbaru terkait upaya penanaman rasa kepedulian sosial di
bidang pendidikan sains berkelanjutan. Temuan ini meliputi (1)
program-program yang sedang diupayakan pihak sekolah
dalam mengembangkan pengetahuan serta karakter pada anak-
anak, upaya tersebut meliputi program green house, bank
sampah dan program adiwiyata. (2) Terdapat beberapa faktor
yang menyebabkan penanaman rasa kepedulian sosial ini
sangat diperlukan di era modern yaitu faktor yang pertama
ialah karena adanyaperkembangan teknologi dan mulai
hilangnya moral anak bangsa. (3) Terkait hubungan penanaman
rasa kepedulian sosial dengan pendidikan sains ialah keduanya
saling mengajarkan serta mengarahkan dalam sebuah
pendidikan yang berkarakter termasuk karakter dalam
kemampuan bersosial

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 04:03
Last Modified: 03 Dec 2024 04:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30956

Actions (login required)

View Item View Item