Kemampuan Bertanya dalam Menggali Informasi pada Pembelajaran IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo

Utami, Riska Tri (2022) Kemampuan Bertanya dalam Menggali Informasi pada Pembelajaran IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180108_RISKA TRI UTAMI_TADRIS IPA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan bertanya memiliki hubungan dengan kemampuan menggali informasi. Bagi
peserta didik, kegiatan mengajukan pertanyaan merupakan cara untuk menggali informasi.
Kemampuan bertanya dalam menggali informasi ditandai dengan pertanyaan yang diajukan sesuai
dengan konteks atau materi yang disampaikan. Kemampuan bertanya dalam menggali informasi
peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Jetis dapat dikatakan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada
saat pembelajaran peserta didik mampu mengajukan pertanyaan ketika menemukan hal yang tidak
dipahami. Akan tetapi kemampuan setiap peserta didik tentu berbeda-beda. Oleh karena itu,
penelitian ini perlu dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan bertanya dalam menggali
informasi peserta didik pada pembelajaran IPA, (2) mendeskripsikan faktor pendukung yang dapat
mempengaruhi kemampuan bertanya dalam menggali informasi peserta didik pada pembelajaran
IPA, dan (3) mendeskripsikan upaya guru untuk meningkatkan kemampuan bertanya dalam
menggali informasi peserta didik pada pembelajaran IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1
Jetis Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G di SMP Negeri 1 Jetis yang berjumlah 10.
Pemilihan 10 peserta didik tersebut berdasarkan jawaban terbaik dari hasil tes. Prosedur
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan wawancara mendalam. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik interaktif menggunakan teori Miles,
Huberman, dan Saldana.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan bertanya dalam menggali informasi
pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Jetis dapat dikatakan baik, akan tetapi terdapat perbedaan
antara kemampuan bertanya dalam menggali informasi secara lisan dan tertulis. Kemampuan
bertanya dalam menggali informasi secara tertulis lebih baik daripada secara lisan, (2) faktor
pendukung yang mempengaruhi kemampuan bertanya dalam menggali informasi pada
pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Jetis antara lain rasa ingin tahu, kepribadian peserta didik,
metode pembelajaran, dan kebiasaan membaca, (3) upaya guru untuk meningkatkan kemampuan
bertanya dalam menggali informasi pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Jetis antara lain
memberikan kesempatan untuk bertanya, membiasakan bertanya sesuai dengan materi, meminta
peserta didik menuliskan pertanyaan sebelum bertanya secara lisan, membuat kesepakatan kelas,
dan melatih kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:51
Last Modified: 03 Dec 2024 03:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30954

Actions (login required)

View Item View Item