Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Konteks Dengan Pendekatan Sosio Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kontekstual

Maftukhin, Rafika (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Konteks Dengan Pendekatan Sosio Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kontekstual. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180105_RAFIKA MAFTUKHIN_TIPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran IPA memuat konteks ilmiah yang berkaitan dengan masalah ke-
IPA-an yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari siswa dalam lingkungan
masyarakatateri pembelajaran IPA memuat konteks ilmiah yang berkaitan dengan masalah ke-
IPA-an yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari siswa dalam lingkungan
masyarakat. Hal ini selaras dengan kurikulum 2013 yang mengharapkan siswa mampu
berkontribusi dalam lingkungan masyarakat. Akan tetapi, penerapan model pembelajaran
berbasis konteks dalam menerapkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari (sosio sins)
saat ini masih belum mampuberjalan secaraa optimal. Hal serupa terjadi di MTs Darul Huda
Mayak Tonatan Ponorogo. Model pembelajaran berbasis konteks dengan pendekatan sosio
sains diharapkan mampu untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kemampuan siswa dalam
berfikir kontekstual.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui aktivitas siswa swlama proses
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis konteks dengan pendekatan
sosio sains. 2) untuk mengetahui aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran berbasis konteks dengan pendekatan sosio sains. 3) untuk
mengetahui apakah terdapat pada kemampuan berfikir kontekstual siswa sebelum dan sesudah
menggunakan model pembelajaran berbasis konteks dengan pendekatan sosio sains.
Penelitian terhadap modle pembelajaran berbasis konteks dengan pendekatan sosio
sainsuntuk meningkatkan kemampuan berfikir kontekstual dengan menggunakan metode
penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan uji coba instrument dengan
menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas serta uji analisis dengan menggunakan SPSS
untuk melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. yang mana dibuat agar mengetahui
apakah terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran
berbasis konteks dengan pendekatan sosio sains untuk meningkatkan kemampuan berfikir
kontekstual.
Dari hasil yang didapatkan, diketahui bahwa 1) aktivitas siswa dalam model
pembelajaran berbasis konteks dengan pendekatan sosio sains aktif mengikuti kegiatan diskusi
selama kegiatan belajar berlangsung. 2) aktivitas guru dalam model pembelajaran berbasis
konteks dengan pendekatan soso sains yaitu guru sebagai fasilitator dengan menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh siswa terkait maslah dan kaitannya dengan materi. 3) terdapat
perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan model [embelajaran berbasis konteks
dengan pendekatan sosio sains untuk meningkatkan kemampuan berfikir kontekstual. Dalam
pernyataan tersebut dibuktikan dengan hasil uji SPSS menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,000
dimana hasil tersebutkurang dari 0,05 yang dapat disimpulkan bahawa terdapat perbedaan
antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis konteks dengan
pendekatan sosio sains untuk meningkatkan kemampuan berfikir kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:45
Last Modified: 03 Dec 2024 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30953

Actions (login required)

View Item View Item