Purwaningrum, Nur Aini (2022) Komparasi Kemampuan Scientific Reasoning Berdasarkan Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Berbasis Socioscientific Issue Pada Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 7 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180103_Nur Aini Purwaningrum_Tadris IPA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Scientific resoning merupakan sebuah pemikiran yang
berguna untuk menarik kesimpulan terkait permasalahan ilmiah
dengan meggunakan bukti-bukti nyata. Namun pada
kenyataanya, kemempuan scientific reasoning peserta didik di
MTs Negeri 7 Madiun dirasa masih kurang baik. Peserta didik
cenderung memahami pembelajaran dengan cara menghafal,
peserta didik belum terlatih mengerjakan soal-soal terkait
penalaran, dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru
kurang bervariasi. Hal ini berdampak pada menurunnya
kemampuan scientific reasoning peserta didik. Sehingga
diperlukan inovasi model pembelajaran sebagai upaya
mengembangkan kemampuan scientific reasoning peserta
didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan
mengetahui pengaruh pembelajaran model inquiri terbimbing
berbasis socioscientific issue terhadap kemampuan scientific iii
reasoning peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA di
MTs Negeri 7 Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
metode quasi experimental design jenis nonequivalent control
group design. Sampel diambil secara acak yang terdiri dari
kelas VII A dan kelas VII D. Instrumen pengumpulan data
terdiridari lembar angket dan tes. Data hasil angket dianalisis
secara statistik dengan menggunakan teknik analisis deskriptif,
sedangkan data hasil tes dianalisis secara inferensial
menggunakan uji independent t-test yang sebelumnya telah
dilakukan uji normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa respon
peserta didik sangat baik setelah diterapkannya model
pembelajaran inquiri terbimbing berbasis socioscientific issue,
dengan nilai rata-rata angket sebesar 3.36. Sedangkan nilai
signifikansi dari kemampuan scientific reasoning sebesar 0.00.
Hal tersebut menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang
signifikan antara kemampuan scientific reasoning peserta didik
yang menggunakan model inquiri terbimbing berbasis
socioscientific issue (eksperimen) dengan kemampuan
scientific reasoning peserta didik yang menggunakan model
konvensional (kontrol).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 03:39 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 03:39 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30952 |
Actions (login required)
View Item |