Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional siswa di SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo

Nabila, Ummi (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional siswa di SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200414_UMMI NABILA_SKRIPSI_PAI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek bangsa yang paling penting. Pendidikan memfasilitasi kegiatan belajar peserta didik dengan usaha yang disengaja untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Arah pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dapat diketahui bahwa salah satu arah pendidikan adalah pada penguatan kecerdasan emosional.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Slahung Ponorogo (2) menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Slahung Ponorogo (3) menganalisis hasil peran guru Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Slahung Ponorogo.
Adapun penelitian ini disusun menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari Guru PAI, kepala sekolah, dan siswa. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model Analisa Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) peran guru PAI sebagai motivator serta pendidik akan mengajarkan pengetahuan agama pada pribadi peserta didik, serta guru sebagai evaluator yang dapat mengevaluasi kekurangan dan kelebihan dalam diri peserta didik supaya peserta didik lebih matang secara emosionalnya. (2) faktor pendukung di SMAN 1 Slahung salah satunya melakukan pembiasaan yang positif, adanya fasilitas yang mendukung, dan adanya kegiatan yang menumbuhkan kecerdasan emosional siswa, sedangkan factor penghambatnya salah satunya dari sendiri, kurangnya dukungan dari orang sekitar (keluarga) dan belumnya ada progam secara terstruktur di SMAN 1 Slahung. (3) perkembangan kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Slahung menunjukan perkembangan yang signifikan khususnya pada aspek komunikasi, sosialisasi, dan juga pengelolaan emosi dan peran guru PAI dalam mengambangkan kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Slahung sudah terlaksana sesuai dengan rencana semua guru.
Kata Kunci: Pendidikan, Kecerdasan Emosional, Peran Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2024 04:01
Last Modified: 03 Dec 2024 04:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30951

Actions (login required)

View Item View Item