Salsabila, Muhanifah Izah (2022) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematic)Terhadap Kemampuan Metakognisi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180100_MUHANIFAH IZAH SALSABILA_SKRIPSI DUMMY.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang memiliki
peran penting untuk peserta didik dalam menghadapi isu-isu
yang terjadi di dalam kehidupan nyata. Salah satu isu yang
terjadi dalam pendidikan yaitu rendahnya kemampuan
metakognisi peserta didik seperti kurangnya pemahaman
terkait materi pembelajaran, kurang fokus dalam proses
pembelajaran, serta model dan pendekatan yang bervariasi
kurang di terapkan. Sehingga kemampuan metakognisi
digunakan sebagai tolak ukur dalam penilaian dan keberhasilan
pembelajaran IPA. Salah satu upaya yang dilakukan untuk
meningkatkan kemampuan metakognisi yaitu dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbasis
STEM, karena model ini dapat meningkatkan pemahaman
peserta didik terhadap materi serta membantu peserta didik
dalam memecahkan permasalahan.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui
efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw berbasis STEM terhadap kemampuan metakognisi peserta
didik kelas VII SMP Ma’arif 1 Ponorogo; 2) Untuk mengetahui
keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model
pembelajaran koperatif jigsaw berbasis STEM terhadap mata
pelajaran IPA kelas VII SMP Ma’arif 1; dan 3) Untuk
mengatahui aktivitas peserta didik kelas VII SMP Ma’arif 1
Ponorogo dalam penerapan model pembelajaran koperatif
jigsaw berbasis STEM terhadap mata pelajaran IPA.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan
nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini
yaitu kelas VII SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Sampel penelitian
membutuhkan dua kelas yaitu kelas eksperimen VII C yang
berjumlah 30 peserta didik dan kelas control VII D yang
berjumlah 23 peserta didik. Instrument penelitian ini adalah
lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar
observasi aktivitas peserta didik serta soal tes kemampuan
metakognisi berupa pretest dan posttest. Teknik pengambilan
data dengan observasi, dokumentasi, dan tes berupa pretest dan
posttest. Teknik analisis data menggunakan statistika inferensi
berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pada uji
normalitas nilai signifikan pretest-posttest kelas eksperimen
dan kelas control data dinyatakan berdistribusi normal. Uji
homogenitas nilai signifikan pretest-posttest kelas eksperimen
dan kelas control data dinyatakan homogen. Kemudian pada
hasil uji-tdapat disimpulkan H0 ditolakdan H1 diterima artinya
terdapat perbedaan kemampuan metakognisi padakelas
eksperimen dan kelas kontrol, selanjutnya berdasarkan hasil NGain
diketahuihasil rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar59,0817. 2)
Keterlaksanaan pembelajaran berjalan lancar dengan kategori
sangat baik. dan 3) Aktivitas peserta didik berjalan lancar
dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa
model pembelajaran kooperatif jigsaw berbasis STEM
berpengaruh dan cukup efektif dalammeningkatkan
kemampuan metakognisi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 02:55 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 02:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30941 |
Actions (login required)
View Item |