Wakhidah, Lyca Rahmawati (2022) Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory,Visual, dan Intellectual)Melalui Keterpaduan Tipe Connected dalam Mereduksi Miskonsepsi Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180092_LYCA RAHMAWATI WAKHIDAH_TADRIS ILMU PENGETAHUAN ALAM.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tingkat literasi siswa akan tertuang pada suatu konsep pemahaman yang merupakan produk dari hasil belajar. Pemahaman konsep siswa terbentuk bukan hanya dari lingkungan dan proses belajar yang dilalui namun pengetahuan awal yang diterima siswa. Pengetahuan awal yang tidak sesuai dengan konsep yang telah diyakini secara ilmiah oleh para ahli merupakan adanya suatu miskonsepsi. Miskonsepsi akan berdampak pada prestasi belajar, psikologi siswa, pengelolaan kelas, dan topik selanjutnya. Miskonsepsi dapat diatasi dengan model pembelajaran salah satunya model SAVI karena mampu menyesuaikan gaya belajar siswa sehingga dapat membangun struktur kognitif siswa yang mempengaruhi pembentukan konsep ilmiah.Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran SAVI melalui keterpaduan tipe connected, 2) Mengetahui aktivitas siswa selama menerapkan model pembelajaran SAVI melalui keterpaduan tipe connected, 3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran SAVI melalui keterpaduan tipe connected untuk mereduksi miskonsepsi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, bentuk penelitiannya adalah desain eksperimen menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah The Matching-Only Design. Populas penelitian siswa kelas VII SMPN 1 Sambit dengan sampel 2 kelas yang terbagi sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa 1) Keterlaksanaan proses pembelajaran melalui model pembelajaran SAVI dan tipe Connected secara luring dapat terlaksana dengan baik, 2) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung dikategorikan sangat baik dan berjalan sesuai dengan tahapan dalam model pembelajaran SAVI, 3) Kemampuan reduksi miskonsepsi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SAVI dan tipe Connected lebih baik atau lebih efektif digunakan dalam pembelajaran dibandingakan dengan model pembelajaran secara konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 02:48 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 02:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30938 |
Actions (login required)
View Item |