Linawati, Linawati (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Berbantuan Media Index Card Match Terhadap Kemampuan Bertanya dan Menjawab. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180090_LINAWATI_TADRIS_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Bertanya dan menjawab merupakan keterampilan yang berpengaruh penting dalam suatu proses pembelajaran. Interaksi antara guru dan peserta didik sebagian besar menggunakan pertanyaan sehingga aktivitas bertanya dan menjawab sangatlah penting untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Peserta didik yang bertanya dan menjawab pertanyaan bisa mengumpulkan informasi dari hal-hal yang ingin diketahuinya dan juga menambah pengetahuan. Namun pada kenyataannya saat ini peserta didik cenderung kurang aktif dalam berargumentasi pada saat proses pembelajaran berlangsung, berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan bertanya dan menjawab peserta didik masih kurang. Maka dari itu dipilihlah model pembelajaran giving question and getting answer dengan bantuan media index card match untuk memaksimalkan atau memperbaiki keterampilan bertanya dan menjawab peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran giving question and getting answer berbantuan media index card match pada mata pelajaran IPA kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. 2) Mengetahui aktifitas peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran giving question and getting answer berbantuan media index card match pada mata pelajaran IPA kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. 3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran giving question and getting answer berbantuan media index card match terhadap kemampuan bertanya dan menjawab peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes tulis. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo, dengan sampel yang diambil ialah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Analisis data yang dilakukan menggunakan Uji-t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yakni uji normalitas dan homogenitas. Selain Uji-t two tailed juga menggunakan Uji-t one tailed. Penelitian ini dilakukan selama 3 minggu dengan 3 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran giving question and getting answer berbantuan media index card match ialah sebesar 96%. Untuk kemampuan bertanya dan menjawab peserta didik yang mengalami pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran giving question and getting answer berbantuan media index card match lebih meningkat dari pada peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode konvensional atau ceramah saja. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan SPSS menunjukkan test kemampuan bertanya kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai sig < α yaitu 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 21,679 > 1,718 maka Ho ditolak. Begitu juga pada data test kemampuan menjawab peserta didik kelas eksperimen dan kontrol memperoleh nilai sig < α yakni 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yakni 62,080 > 1,718 maka Ho ditolak. artinya kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada kelas eksperimen lebih efektif atau lebih baik dari pada kemampuan bertanya dan menjawab peserta didik yang mengalami pembelajaran dengan model ceramah (kelas kontrol).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 02:35 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 02:35 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30935 |
Actions (login required)
View Item |