Linawati, Linawati (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Berbantuan Media Index Card Match Terhadap Kemampuan Bertanya dan Menjawab. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180090_LINAWATI_TADRIS_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Bertanya dan menjawab merupakan keterampilan yang berpengaruh penting dalam suatu
proses pembelajaran. Interaksi antara guru dan peserta didik sebagian besar menggunakan
pertanyaan sehingga aktivitas bertanya dan menjawab sangatlah penting untuk diimplementasikan
dalam proses pembelajaran. Peserta didik yang bertanya dan menjawab pertanyaan bisa
mengumpulkan informasi dari hal-hal yang ingin diketahuinya dan juga menambah pengetahuan.
Namun pada kenyataannya saat ini peserta didik cenderung kurang aktif dalam berargumentasi
pada saat proses pembelajaran berlangsung, berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa
kemampuan bertanya dan menjawab peserta didik masih kurang. Maka dari itu dipilihlah model
pembelajaran giving question and getting answer dengan bantuan media index card match untuk
memaksimalkan atau memperbaiki keterampilan bertanya dan menjawab peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran giving
question and getting answer berbantuan media index card match pada mata pelajaran IPA kelas
VIII di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. 2) Mengetahui aktifitas peserta didik selama
diterapkannya model pembelajaran giving question and getting answer berbantuan media index
card match pada mata pelajaran IPA kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. 3)
Mengetahui efektivitas model pembelajaran giving question and getting answer berbantuan media
index card match terhadap kemampuan bertanya dan menjawab peserta didik pada mata pelajaran
IPA kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui
observasi dan tes tulis. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VIII MTs
Muhammadiyah 1 Ponorogo, dengan sampel yang diambil ialah kelas VIII B sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Analisis data yang dilakukan menggunakan
Uji-t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yakni uji normalitas dan
homogenitas. Selain Uji-t two tailed juga menggunakan Uji-t one tailed. Penelitian ini dilakukan
selama 3 minggu dengan 3 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran giving question and
getting answer berbantuan media index card match ialah sebesar 96%. Untuk kemampuan
bertanya dan menjawab peserta didik yang mengalami pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran giving question and getting answer berbantuan media index card match lebih
meningkat dari pada peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode konvensional atau
ceramah saja. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan SPSS menunjukkan test kemampuan
bertanya kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai sig < α yaitu 0,000 < 0,05 dan thitung
> ttabel yaitu 21,679 > 1,718 maka Ho ditolak. Begitu juga pada data test kemampuan menjawab
peserta didik kelas eksperimen dan kontrol memperoleh nilai sig < α yakni 0,000 < 0,05 dan thitung
> ttabel yakni 62,080 > 1,718 maka Ho ditolak. artinya kemampuan bertanya dan menjawab
pertanyaan pada kelas eksperimen lebih efektif atau lebih baik dari pada kemampuan bertanya dan
menjawab peserta didik yang mengalami pembelajaran dengan model ceramah (kelas kontrol).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Faninda Novika Pertiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 04:06 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 04:12 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30934 |
Actions (login required)
View Item |