Tomi, Tomi (2022) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis STEM Education Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180113_Tomi_Tadris IPA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Seiring perkembangan IPTEK, kemampuan berpikir rasional menjadi penting dipersiapkan untuk menyelesaikan masalah di kehidupan nyata. Kemampuan berpikir rasional, menjadikan peserta didik dapat mengekspresikan hasil pemikirannya menjadi sebuah konsep baru sehingga mendorong keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun kenyataannya kegiatan pembelajaran masih mengandalkan guru dalam memahami konsep, yang mengakibatkan kemampuan berpikir rasional masih cenderung rendah. Model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis STEM Education relevan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Karena membantu peserta didik memproses pemikirannya membentuk sebuah gagasan baru. Sehingga sangat sesuai untuk mengembangkan kemampuan berpikir rasional.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1.) untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan dan 2.) aktivitas peserta didik serta 3.) pengaruhnya dari model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis STEM Education terhadap kemampuan berpikir rasional pada kelas VII putra MTs Darul Huda Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan tes berupa pre test dan post test. Sehingga instrumen yang dibutuhkan yaitu lembar observasi dan soal tes. Kemudian data dianalisis menggunakan uji sampel t-test dan N-gain score.
Hasil penelitian dapat diketahui, bahwa 1.) observasi keterlaksanaan sebesar 88,5%. 2.) Begitu juga aktivitas peserta didik dengan hasil observasi sebesar 85,55%. Kedua hasil observasi tersebut dapat dikategorikan dengan sangat baik. Kemudian 3.) Hasil uji sampel t-test menunjukkan sig.(2-tailed) 0,000 artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir rasional antara kelas yang menggunakan model Learning Cycle 5E berbasis STEM Education dengan kelas yang menggunakan model konvensional. Selain itu, hasil N-gain score juga menunjukkan bahwa model Learning Cycle 5E berbasis STEM Education cukup efektif diterapkan, dengan nilai N-gain score sebesar 68,71.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ulum Fatmahanik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 02:14 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 02:14 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30931 |
Actions (login required)
View Item |