Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual dan intelektual) dengan Strategi Resitasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kontekstual Siswa SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo

Agusta, Fauji (2022) Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual dan intelektual) dengan Strategi Resitasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kontekstual Siswa SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
207180082_FAUJI AGUSTA_SKRIPSI DUMMY + Izin Publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kontekstual sangat penting dimiliki oleh siswa dalam membantu memahami pembelajaran yang baik dengan mengkaitkan lingkungan sekitar. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo kemampuan berpikir kontekstual siswa masih tergolong rendah yaitu rata-rata 68. Kemampuan berpikir kontekstual berhubungan dengan kognitif siswa yaitu penguasaan terhadap materi dan konsep. Sehingga standar dalam pengukuran kognitif ini berupa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Ketika siswa mendapatkan permasalahan ilmiah, para siswa tersebut masih perlu menggali informasi lebih jauh lagi untuk menjawab permasalahan berdasarkan konsep ilmiah. Oleh karena itu, perlunya penerapan model pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual dan intelektual) dengan strategi resitasi. Dengan model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual dan intelektual) dapat membentuk siswa lebih aktif karena dalam proses pembelajaran memadukan semua alat indra. Hal ini dianggap mampu meningkatkan kemampuan berpikir kontekstual siswa SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual dan intelektual) dengan strategi resitasi pada tema sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa yang mengalami model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual dan intelektual) dengan strategi resitasi pada tema sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo, (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual dan intelektual) dengan strategi resitasi pada tema sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan ialah true experimental design dengan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di SMPN 1 Jetis Ponorogo dengan total 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan purposive sampling yaitu kelas VIII E dan kelas VIII G. Penelitian ini menggunakan tes bentuk uraian sebagai instrumen pengumpulan data. Data hasil tes siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t two tailed dan one tailed yang sebelumnya telah melalui tahapan uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan (1) keterlaksanaan model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual dan intelektual) dengan strategi resitasi terlaksana dengan baik dengan hasil persentase 86%. (2) aktivitas siswa yang mengalami model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual dan intelektual) sesuai sintak dengan hasil persentase 89%. (3) model pembelajaran SAVI efektif terhadap kemampuan berpikir kontekstual siswa SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo ditandai dengan hasil uji-t one tailed yang menghasilkan p-value 0,000 lebih kecil dari alpha (0,05) yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kontekstual kelas eksperimen dengan rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 88.3, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,0.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 03 Dec 2024 02:04
Last Modified: 03 Dec 2024 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30929

Actions (login required)

View Item View Item