Ma’rifah, Ma’rifah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Bantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180095 MA'RIFAH TADRIS IPA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan akibat begitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, siswa cenderung kurang aktif dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan kurang tertarik pada proses pembelajaran. Pada era saat ini kemampuan berpikir kritis sangat penting dalam persaingan hidup dalam kancah dunia. Bahkan kualitas Pendidikan dalam suatu negara dikatakan baik jika kemampuan berpikir kritis siswanya tinggi. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian dengan judul pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan mind mapping tehadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Tujuan penelitian skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis siswa yang signifikan signifikan antara dengan menggunakan Model Pembelajaran Think pair share berbantuan media mind mapping dengan tanpa Model Pembelajaran Think pair share berbantuan media mind mapping, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap kemampuan bepikir kritis siswa, (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan bantuan Mind Mapping.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial, sedangkan untuk proses pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal pretest dan posttest, perangkat pembelajaran, dan dokumentasi. Perangkat pembelajaran yang digunakan meliputi silabus, rpp, dan lembar kerja siswa. Sedangkan dokumentasi yang berbentuk gambar ditujukan untuk memperkuat data hasil penelitian.
Berdasarkan data hasil penelitian, analisis, dan pembahasan menggunakan uji t-test diperoleh nilai t hitung 2,609 > t tabel 1,721 dengan signifikansi 2,609 > 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share dengan bantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Akan tetapi, selain model pembelajaran yang berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis terdapat faktor lain seperti kesiapan guru dalam mengajar, sikap siswa dalam menerima materi, dan respon siswa dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:59 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:59 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30928 |
Actions (login required)
View Item |