Yudistira, Anggara Bima (2022) Analisis Kemampuan Argumentasi Pesrta Didik Dalam Menyesaikan Masalah Berbasis Isu Sosiosaintifik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180073_Anggara_Skripsi Dummy.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan argumentasi berbasis isu sosiosaintifik sangat penting untuk peserta didik, karena dapat memecahkan masalah baik di sosial maupun di pembelajaran IPA. Peserta didik kelas VIII A MTs Muhammadiyah 3 Yanggong sudah mampu memberikan pernyataan dan alasan, tetapi masih sulit untuk dapat menghubungkan dengan konsep sains. Argumentasi yang baik adalah dengan berdasarkan 4 indikator, yaitu: claim, ground, warrant, dan backing.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan argumentasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah berbasis isu sosiosaintifik dan (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan argumentasi peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus, dengan subyek kelas VIII A di MTs Muhammadiyah
3 Yanggong, Ponorogo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni 6 peserta didik kelas VIII A dan guru mata pelajaran IPA . Teknik pengumpulan data mengunakan tes lisan dan wawancara. Data dianlisis mengunakan analisis dari Miles dan Huberman yaitu: pengumpulan data,menelaah hasil, mendeskripsikan data, membuat kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) kemampuan argumentasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah berbasis isu sosiosaintifik di kelas VIII A MTs Muhammadiyah 3 Yanggong berada pada tiga kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Peserta didik yang memiliki kemampuan argumentasi tinggi ada 1 dengan skor 12, karena dapat menghubungkan 4 indikator kemampuan argumentasi dengan sempurna, yaitu claim, ground, warrant, dan backing. Peserta didik yang memiliki kemampuan argumentasi sedang ada 3 dengan skor 11, peserta didik sudah bisa menghubungkan antara claim, ground, dan backing tetapi pada indikator warrant peserta didik kurang dapat menghubungkan dengan konsep sains. Peserta didik yang memiliki kemampuan argumentasi rendah ada 2 dengan skor 10, pada indikator claim peserta didik sudah mampu memberikan pernyataan, tetapi peserta didik tidak memberikan kesimpulan dan pada indikator warrant peserta didik tidak menghubungkan dengan konsep sains. (2) Faktor yang mempengaruhi yaitu suasana hati, pengatahuan, gaya belajar, dukungan orang tua, metode belajar dan minat belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:51 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:51 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30927 |
Actions (login required)
View Item |