Ula, Azizatul (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dengan Pendekatan Science Education For Sustainability Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah pada Siswa Kelas VII SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180076_AZIZATUL ULA_TADRIS IPA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA memiliki cakupan penting dalam
kehidupan, terlebih lagi berkaitan erat dengan lingkungan.
Selaras dengan hakikat dari pembelajarana IPA, yang
memuat sekumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep
maupun prinsip yang bersifat ilmiah. Selain itu, pembelajaran
IPA juga merupakan proses adanya penemuan hal yang baru
terkait dengan kemampuan menyelesaikan masalah. Akan
tetapi, dalam penerapan pembelajaran terhadap kemampuan
menyelesaiakan masalah belum sesuai dengan apa yang di
harapkan. Untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan
masalah pada siswa, diperlukan adanya model pembelajaran
yang mampu membuat siswa kreatif untuk menyelesaikan
isu/problem yang ada dilingkungan dengan mudah, yaitu
dengan menggunakan model CPS (Creative Problem
Solving).
Penelitian ini, bertujuan untuk (1) mengetahui adanya
aktivitas keterlaksanaan model pembelajaran CPS dengan
pendekatan Science Education For Sustainability (SES)
terhadap kemampuan menyelesaikan masalah pada siswa. (2) mengetahui hasil keterlaksanaan model pembelajaran CPS
dengan pendekatan Science Education For Sustainability
(SES) terhadap kemampuan menyelesaikan masalah pada
siswa (3) mengetahui efektivitas model CPS dengan
pendekatan Science Education For Sustainability (SES)
terhadap kemampuan menyelesaikan masalah pada siswa
kelas VII SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, tipe quasi eksperiment
dengan design pretest posttest design. Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Ma’arif 1 Ponorogo
Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 110. Pengambilan
sampel dalam penelitian ini ditentukan. Sampel yang
digunakan terdiri dari 2 kelas. Adapun kelas yang akan
dijadikan pengambilan data dalam penelitian ini diantaranya,
VII A sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII
B sebagai kelas kontrol dengan total 29. Tehnik dalam
pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi
aktivitas pembelajaran, soal tes, dan dokumentasi. Tehnik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
mengguakan validitas dan reliabilitas terlebih dahulu, lalu
dilanjutkan dengan tahap menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, uji two tailed, uji one tailed, uji N-Gain, dan uji
ancova.
Berdasarkan analisis data yang didapatkan, dapat
disimpulkan bahwa, (1) Aktivitas keterlaksanaan
pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran CPS
dengan pendekatan SES dapat menjadikan siswa lebih aktif
saat pembelajaran. (2) Hasil keterlaksanaan pembelajaran
dengan menerapkan model pembelajaran CPS dengan
pendekatan SES dalam kegiatan pembelajaran sudah
terlaksana dengan baik. Guru melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan sintaks CPS. (3) Terdapat adanya efektivitas
dalam pelaksanaan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving),dengan pendekatan SES terhadap
kemampuan menyelesaikan siswa di SMP Ma’arif 1
Ponorogo masalah. Diketahui persentase kelas eksperimen
sebesar 66,7% sedangkan kelas kontrol sebesar 52%.
Sehingga dapat dikatakan lebih efektif kelas eksperimen
daripada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wirawan Fadly |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:22 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:22 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30921 |
Actions (login required)
View Item |