Peran Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi International Class Program di SMAN 3 Ponorogo

Diana, Aida Hanik Nour (2024) Peran Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi International Class Program di SMAN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AIDA HANIK NOUR DIANA 206200006.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diana, Aida Hanik Nour. 2024. Peran Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi International Class Program di SMAN 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Panggih Wahyu Nugroho, M.Pd.
Kata kunci : Peran, Bimbingan Konseling, International Class Program.
Pelaksanaan bimbingan dan konseling di Lembaga Pendidikan masih sangat minim, hal ini di sebabkan oleh pandangan buruk budaya lama yang menyatakan bahwa bimbingan konseling merupakan polisi sekolah yang menangani peserta didik yang mendapatkan permasalahan dan di berikan sanksi. Namun pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMAN 3 Ponorogo justru menjadi bagian dari implementasi international class program yang merupakan program ungggulan di SMAN 3 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bentuk layanan bimbingan konseling dalam implementasi international class program (2) peran bimbingan dan konseling dalam implementasi international class program, (3) faktor penghambat dan faktor pendukung dalam implementasi international class program.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus, dengan menggunakan Teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, menyajjikan data dan menarik kesimpulan. Selajutnya uji keabsahan data dilakukan dengan pendekatan berapa lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa : (1) bentuk layanan bimbingan dan konseling dalam implementasi international class program di SMAN 3 Ponorogo terdiri dari bebrapa layanan diantaranya : (a) layanan dasar, (b)layanan peminatan, (c) layanan responsive dan (d) dukungan system. (2) peran bimbingan dan konseling dalam implementasi international class program di SMAN 3 Ponorogo terdiri dari (a) peran sebagai fasilitator yakni memfasilitasi agar pelaksanaan pembelajaran di SMAN 3 Ponorogo dapat berjalann dengan kondusif. Bentuk fasilitatornya dengan memberikan program belajar tambahan bagi peserta didik yang mengalami ketertinggalan dalam pembelajaran yakni program special care study. (b) peran sebagai informator yakni memberikan informasi mengenai karir yang berhubungan dengan perguruan tinnggi dengan mengadakan campus expo international. Kedua peran tersebut memiliki perbedaan dengan kelas regular yang ada di SMAN 3 Ponorogo. (3) faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi international class program. (a) faktor penghambat bimbingan dan konseling terdiri dari : pandangan negative pesert didik mengenai bimbinngan dan konseling, kurangnya rasa percaya diri dan orang tua. Sedangkan (b) faktor pendukung bimbinngan konseling diantaranya: adanya bimbingan konseling ke dalam mata Pelajaran, sarana dn prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:36
Last Modified: 03 Dec 2024 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30912

Actions (login required)

View Item View Item