Ittaqoina, Kafaina Hisyma (2024) Strategi Guru Dalam Menstimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
UPLOAD ETHESIS 205200016 KAFAINA HISYMA ITTAQOINA.pdf Download (862kB) | Preview |
Abstract
Anak usia dini merupakan masa yang sangat penting untuk memberikan
stimulasi agar tumbuh kembang anak menjadi optimal. Perkembangan motorik halus
merupakan salah satu aspek perkembangan pada anak yang harus mendapatkan
stimulasi. Stimulasi adalah rangsangan yang diterima anak yang berasal dari
lingkungan di luar individu tersebut. Stimulasi merupakan salah satu hal penting dalam
proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Tumbuh kembang anak akan lebih cepat
jika mendapat rangsangan terarah. Perkembangan motorik halus berkaitan dengan
kemampuan anak untuk melakukan aktivitas yang melibatkan otot kecil yang
membutuhkan koordinasi antara mata, tangan dan otak sebagai pusat kendali. Misalnya
menulis, mewarnai, meremas, menggenggam, menggambar, menumpuk balok, dan
menggunting. Sebagai fasilitator pada proses pembelajaran guru harus mampu memilih
strategi yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru harus menyiapkan
metode, media dan sarana prasarana yang dapat menunjang perkembangan motorik
pada anak.
Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) Untuk mengetahui perkembangan motorik
halus anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo; (2) Untuk mengetahui strategi
yang dilakukan oleh guru dalam melatih motorik halus pada anak usia dini di TK
Muslimat NU 001 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yaitu
melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian.
Adapun hasil dari penelitian ditemukan bahwa: 1) Perkembangan motorik halus
anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo sudah berkembang dengan baik,
sesuai dengan indikator perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun yaitu
menggambar sesuai dengan gagasannya, meniru bentuk, melakukan eksplorasi dengan
berbagai media dan kegiatan, menggunakan alat tulis dengan benar. 2) Strategi yang
dilakukan oleh guru dalam melatih motorik halus pada anak usia dini di TK Muslimat
NU 001 Ponorogo dengan mengadakan program kegiatan ekstrakurikuler mewarnai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Tirta Dimas Wahyu Negara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:34 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:34 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30896 |
Actions (login required)
View Item |