Fauziah, Shaniatul (2024) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS III MI MA’ARIF CEKOK BABADAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
Full text not available from this repository.Abstract
Problematika dalam pembelajaran bahasa Arab merupakan suatu faktor yang bisa menghalangi dan memperlambat pelaksanaan proses belajar mengajar bahasa Arab, khususnya dalam mempelajari keterampilan menulis. Karena di dalam belajar keterampilan menulis terdapat dua problematika diantaranya yaitu, problematika secara linguistik dan non linguistik. Problematika linguistik berupa adanya perbedaan-perbedaan dan persamaan-persamaan dalam mempelajari bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Problematika non linguistik yang pertama adalah kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa yang timbul dari faktor lingkungan yang meliputi: lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah.Dari problematika yang dialami siswa tersebut, seorang guru berupaya untuk mencari solusi diantaranya selalu memotivasi diri siswa, memberikan apresiasi atas hal yang telah dikerjakan , dan memberikan kosekuensi ketika siswa merasa bersalah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini mempunyai tiga tujuan, pertama, untuk mengetahui problematika linguistik siswa pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok. Kedua, untuk mengetahui problematika nonlinguistik siswa pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok. Ketiga, untuk mengetahui solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif untuk merinci identitas sosial dan membuatnya dapat dipahami secara ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilaksanakan di MI Ma’arif Cekok.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pada problematika linguistik beberapa siswa mampu melafalkan huruf hijaiyah dengan benar, menuliskan huruf hijaiyah secara runtut, hafal dengan huruf hijaiyah, dan ada juga siswa yang belum mampu menghafal huruf hijaiyah, menuliskan secara runtut. Pada problematika nonlingistik faktor yang mempengaruhi siswa yaitu dari diri sendiri yang kurang semangat dalam belajar, faktor guru yang tidak menggunakan metode yang sesuai, faktor sarana prasarana yang kurang memadai, faktor lingkungan seperti halnya di lingkungan rumah yang kurang memberikan semangat ketika siswa belajar. Upaya yang bisa diberikan yaitu dengan memberikan motivasi kepada siswa, siswa diberikan semangat dalam hal belajar, siswa yang besar motivasinya akan giat berusaha, gigih dan tidak menyerah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Agus Tricahyo |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 01:34 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 01:34 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30894 |
Actions (login required)
View Item |