EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI MA'ARIF CEKOK

Noviana, Sella (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI MA'ARIF CEKOK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari karena segala jenis aktivitas dalam kehidupan menyebabkan kurang belajarnya matematika. Berfikir reflektif dapat terjadi ketika siswa mengalami kebingungan, hambatan, atau keraguan dalam menyelesaikan masalah matematika yang dihadapinya. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali kendala dalam proses belajar matematika yang terkadang juga membosankan. Penyebabnya karna masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Upaya untuk mengatasi hal ini peneliti melakukan penelitian pada pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Model pembelajaran ini sangat efektif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning untuk mengetahui kemampuan berpikir siswa, mengetahui kemampuan berpikir reflektif mata pelajaran Matematika, dan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning dengan basis media konkret terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design desain pretest and posttest control group. Pengambilan data dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling. Sampel penelitian ini kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diolah dan dilakukan uji hipotesis berupa uji independent t Test dan Uji N-Gain.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Penggunaan model pembelajaran discovery learning 95% terlaksana. (2) Kemampuan berfikir reflektif mata Pelajaran matematika terdapat peningkatan antara sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran. Pada indikator Reacting mendapatkan nilai tertinggi yaitu 8,71, dan nilai terendah pada indikator Contemplanting dengan nilai 1,56. (3) pada uji hipotesis dihasilkan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 dan rata-rata skor NGain sebesar 81,67. Maka dapat disimpulkan Model Pembelajaran Discovery Learning cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir reflektif mata Pelajaran Matematika MI Ma’arif Cekok

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:33
Last Modified: 03 Dec 2024 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30892

Actions (login required)

View Item View Item