Yuniar, Vina (2022) Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis STEM Menggunakan Bantuan Mind Mapping Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Mlarak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
207180063_VINA YUNIAR_TADRIS IPA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA yang efektif adalah pembelajaran yang
dapat menjadi alternatif bagi peserta didik untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kreatif, karena pembelajaran IPA memuat
konteks ilmiah yang berkaitan erat dengan permasalahan
lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir
kreatif juga merupakan salah satu kompetensi wajib pada abad ke-
21. Namun fakta dilapangan menunjukkan bahwa kemampuan
berpikir peserta didik masih tergolong rendah. Oleh sebab itu maka
perlu adanya upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Model Pembelajaran PBL Berbasis STEM
Menggunakan Bantuan Mind Mapping merupakan inovasi yang
bisa menjadi solusi alternatif guna menghadirkan pembelajaran
yang bisa membuat peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran
sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta
didik, inovasi tersebut dapat membantu merangsang peningkatan
kemampuan berpikir kreatif peserta didik, karena didalamnya
mengajak peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan
masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil
keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik dengan
menerapkan model pembelajaran PBL berbasis STEM dengan
menggunakan bantuan Mind Mapping. (2) Mengetahui apakah
model pembelajaran PBL berbasis STEM menggunakan bantuan
Mind Mapping berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan
berpikir kreatif peserta didik. (3) Mengetahui pengaruh penerapan
model pembelajaran PBL berbasis STEM menggunakan bantuan
Mind Mapping terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif
peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
metode eksperimen. Quasi Experimental merupakan jenis metode
penelitian yang akan digunakan pada penelitian kali ini. Desain
penelitian menggunakan Pos test only Control Groub Design.
Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas VII semester
genap SMP Negeri 1 Mlarak, dengan sampel sebanyak 2 kelas
dengan jumlah total 65 peserta didik, 32 peserta didik kelas VII C
sebagai kelas eksperimen dan 33 peserta didik kelas VII D sebagai
kelas kontrol. Data penelitian dimbil melaui observai dan tes
kemampaun berpikir kreatif.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan,
ditemukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas
peserta didik dengan model pembelajaran PBL berbasis STEM
menggunakan bantuan Mind Mapping berada dalam kategori baik,
pembelajaran sudah dilaksanakan efektif sesuai dengan rencana
dan tujuan yang telah ditetapkan. Hasil analisis data menunjukkan
bahwa data yang diperoleh telah normal dan homogen. Kemudian
berdasarkan hasil Uji Independent Sample T-test dapat diketahui
bahwa nilai signifikansi hasil Post test pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol sebesar 0,000 yang mana nilai signifikansi two-tailed 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan
berpikir kreatif peserta didik menggunakan model pembelajaran
(PBL) Problem Based Learning berbasis STEM (Science,
Technology, Engineering and Mathematic) menggunakan bantuan
Mind Mapping dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik
dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dan
hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir
kreatif peserta didik kelas ekperimen lebih baik dari pada kelas
kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Sofwan Hadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 08:07 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 08:07 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30875 |
Actions (login required)
View Item |