Pengaruh Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Berbasis Socioscientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Jetis

Febriyana, Vera (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Berbasis Socioscientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Salinan 207180062_VERA FEBRIYANA_TADRIS IPA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA saat ini berorientasi pada keterampilan abad-21 yang berkaitan dengan kemampuan bernalar, berfikir kritis dan berkomunikasi yang terangkum dalam kemampuan argumentasi siswa. Namun, kurangnya penggunaan model pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kemampuan argumentasi siswa menyebabkan siswa masih memiliki kemampuan argumentasi yang rendah. Hal ini juga terjadi di SMPN 2 Jetis yang dibuktikan dengan dengan nilai rata-rata kemampuan argumentasi siswa sebesar 53,41. Oleh karena itu, diperlukan inovasi model pembelajaran sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan argumentasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran ABSI berbasis SSI, (2) mengetahui aktivitas siswa selama diterapkannya model pembelajaran ABSI berbasis SSI, dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran ABSI berbasis SSI terhadap kemampuan argumentasi siswa kelas VIII di SMPN 2 Jetis.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel diambil secara acak yang terdiri dari kelas VIII A (eksperimen) dan kelas VIII C (kontrol). Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi dan soal tes. Data hasil observasi dianalisis secara statistik menggunakan teknik analisis deskriptif sedangkan data hasil tes dianalisis secara inferensial menggunakan uji independent sample t-test yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan model pembelajaran ABSI berbasis SSI dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 88%, (2) aktivitas siswa selama diterapkannya model pembelajaran ABSI berbasis SSI dikategorikan baik dengan persentase sebesar 84%, dan (3) model pembelajaran ABSI berbasis SSI berpengaruh terhadap kemampuan argumentasi siswa kelas VIII di SMPN 2 Jetis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:59
Last Modified: 02 Dec 2024 07:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30872

Actions (login required)

View Item View Item