Mustafidah, Roufi’ul (2022) Efektivitas Model Pembelajaran CTL Berbasis Metode Cornell Note Taking terhadap Kemampuan Membuat Kesimpulan Siswa pada Pembelajaran IPA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180055_ROUFI'UL MUSTAFIDAH_TADRIS IPA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Konsep IPA memiliki peranan penting dalam kehidupan
sehingga menjadi hal biasa menjumpai fenomena tentang IPA
dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut seharusnya menjadi
kemudahan dalam memahami konsep IPA karena contoh konsep
IPA dapat disajikan secara nyata. Namun, berdasarkan fakta
yang ada menunjukkan kemampuan membuat kesimpulan siswa
masih belum sesuai harapan. Untuk meningkatkan kemampuan
membuat kesimpulan siswa, diperlukan model pembelajaran
yang mampu membuat siswa memahami dan mengingat materi
dengan mudah yaitu dengan menggunakan model CTL
(Contextual teaching and learning).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui
keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model CTL
berbasis metode cornell note taking, (2) mengetahui aktivitas
siswa selama penerapan model CTL berbasis metode cornell
note taking, (3) mengetahui efektivitas model CTL berbasis
metode cornell note taking terhadap kemampuan membuat kesimpulan siswa kelas VIII MTsN 1 Ponorogo pada materi
sistem pernapasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
design quasi eksperimen tipe pre test post test design. Populasi
dalam penelitian ini meliputi siswa kelas VIII MTsN 1
Ponorogo. Pengambilan sampel dalam penelitian ini tidak
dipilih secara acak. Sampel yang digunakan terdiri 2 kelas yaitu
kelas VIII A dan VIII B yang akan digunakan sebagai kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya
dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes. Adapun
Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, uji t independent, uji one tailed, uji N-Gain, dan
uji Ancova.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1)
keterlaksanaan model CTL berbasis metode cornell note taking
terlaksana dengan baik. Pada tahap inkuiri dan melakukan
penilaian sebenarnya memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap meningkatnya kemampuan membuat kesimpulan siswa
hal tersebut dibuktikan melalui hasil N-Gain per indicator. (2)
Pembelajaran CTL menciptakan aktivitas pembelajaran yang
berorientasi pada siswa (student centered) sehingga, siswa tidak
hanya menerima tetapi juga melakukan aktivitas inkuiri dan
diskusi yang mampu menjadikan siswa lebih aktif saat
pembelajaran. (3) menunjukkan efektivitas model CTL berbasis
metode cornell note taking terhadap kemampuan membuat
kesimpulan siswa pada pembelajaran IPA di MTsN 1 Ponorogo.
Model CTL berbasis metode cornell note taking berpengaruh
secara signifikan sehingga, lebih efektif dalam meningkatkan
kemampuan membuat kesimpulan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wirawan Fadly |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:51 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:51 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30861 |
Actions (login required)
View Item |