Zahro, Nur Fatimatus (2022) Implementasi Model Pembelajran PBL (Problem Based Learning) berbasis Socioscientific Issue untuk Meningkatkan Kemampuan Observasi Peserta Didik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
207180047_NUR FATIMATUS ZAHRO_TADRIS IPA.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan suatu pembelajaran yang kompleks dengan mengutamakan
Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik. Kemampuan observasi/pengamatan menjadi
kemampuan dalam KPS yang menjadi dasar utama dari suatu proses dalam mencari dan juga
memperoleh ilmu pengetahuan. Namun pembiasaan peserta didik melakukan observasi di sekolah
masih minim. Hal ini serupa dengan apa yang terjadi pada peserat didik MTs Bustanul Ulum
Glagah Lamongan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan
menerapkan model PBL (Problem Based Learning) berbasis Socioscientific, (2) mengetahui
aktivitas peserta didik selama pembelajaran dengann PBL berbasis socioscientfic issue, (3)
mengetahui respon peseta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan mengimplementasikan
model PBL berbasis socioscientfic issue, (4) mengetahui perbedaan signifikan keterampilan
observasi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model PBL berbasisi socioscientfic
issue dengan peserta didik yang menerima pembelajaran model konvensional.
Ditinjau dari permasalahan yang ditemukan, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain Experiment kuantitatif jenis quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserat didik kelas VII MTs Bustanul Ulum Glagah Lamongan dengan sampel terdiri dari
20 peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas VII B sebagai
kelas kontrol. Penelitian menggunakan metode observasi, dan tes sebagai instrument pengmpulan
data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan
model PBL (Problem Based Learning) berbasis Socioscientific Issue untuk meningkatkan
kemampuan observasi peserta didik berjalan sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran. Semua
sintaks pembelajaran dapat terlaksana dengan lancar. Tidak ada satu tahapan yang terlewatkan
dalam pelaksanaan pembelajaran, (2) Aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran PBL
(Problem Based Learning) berbasis Socioscientific Issue terbukti lebih aktif. Peserta didik
menunjukkan peningkatan pada setiap indikator kemampuan observasi dalam proses
pembelajaran, (3) Respon peserta didik terhadap pembelajaran PBL (Problem Based Learning)
berbasis Socioscientific Issue sangat baik. Peserta didik mampu mengikuti semua tahapan
pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis Socioscientific Issue dengan baik, sehingga
mendapat kualifikasi berhasil, (4) terdapat perbedaan terhadap kemampuan observasi. Kelas
dengan pembelajaran model PBL (Problem Based Learning) berbasis Socioscientific Issue
mendapatkan nilai rata-rata hasil tes (67,5) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil tes kelas
pembelajaran konvensional (52,3). Sehingga pengimplementasian model PBL (Problem Based
Learning) berbasis Socioscientific Issue berhasil meningkatkan kemampuan observasi peserta
didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Sofwan Hadi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:21 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:21 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30851 |
Actions (login required)
View Item |