Kemampuan Menulis Ilmiah Siswa MTsN 1 Ponorogo Melalui Adapted Primary Literature

Khofifah, Nunung (2022) Kemampuan Menulis Ilmiah Siswa MTsN 1 Ponorogo Melalui Adapted Primary Literature. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180046_NUNUNG KHOFIFAH_TADRIS IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu bagian dari
pengetahuan yang berperan dalam menaikkan taraf dan
penyebaran suatu pengetahuan. Pembuatan karya tulis tidak
hanya terbatas pada lingkup perguruan tinggi, taraf siswa
menengah juga bisa dilatih dalam membuat sebuah karya tulis
ilmiah. Seperti yang diketahui bahwa menulis merupakan
kemampuan yang dapat dikuasai dengan cara dilatih secara
konsisten. Berdasarkan penelitian terdahulu diketahui bahwa
siswa mengalami kesulitan dalam menulis disebabkan karena
belum adanya bimbingan dan perhatian yang lebih dalam bidang
menulis. Penting bagi sekolahan menyediakan wadah dan
fasilitas bagi para siswa. Salat satu cara pelatihan yang dapat
diterapkan untuk melatih kemampuan menulis ilmiah siswa
adalah Adapted Primary Literature. Adapted Primary Literature
merupakan genre belajar menulis dengan tetap memperhatikan
struktur kepenulisan artikel asli tetapi ditulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami menyesuaikan tingkat
pengetahuan siswa menengah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1)
Menganalisis profil kemampuan menulis ilmiah siswa MTsN 1
Ponorogo melalui Adapted Primary Literature, (2) Menganalisi
faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis ilmiah siswa
MTsN 1 Ponorogo melalui Adapted Primary Literature, dan (3)
Menganalisis keterkaitan antara kemampuan menulis ilmiah
siswa dan Adapted Primary Literature
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif desain naturalistic dengan jenis penelitian studi kasus.
Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam (In-
Dept Interview) dan dokumentasi kepada 8 siswa anggota
ekstrakurikuler kelompok ilmiah remaja, 3 guru pembimbing,
dan 1 wali siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan
menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang
meliputi tiga langkah yaitu reduksi, menyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pada proses analisis menggunakan
bantuan software Nvivo 12 untuk dilakukan pengkodingan dan
visualisasi data dalam bentuk project map.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan
bahwa (1) Profil kemampuan menulis ilmiah siswa MTsN 1
Ponorogo melalui Adapted Primary Literature, terlihat bahwa
siswa mampu menggunakan bahasa dengan lancar. Siswa
mampu menererapkan penggunaan unsur kebahasaan dalam
menulis ilmiah, siswa mengetahui penulisan kata asing dan
penggunaan tanda baca dalam tulisan ilmiah. Siswa juga mampu mengutarakan gagasan mereka dalam tulisan. (2) Menganalisi
faktor yang memp (2) faktor yang mempengaruhi kemampuan
menulis ilmiah siswa melalui Adapted Primary Literature
meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu
minat yang timbul dalam diri siswa untuk menulis. Faktor
eksternal adalah adanya motivasi dari guru dan keluarga yang
dapat mendorong siswa memiliki kepercayaan diri terhadap
kemampuan menulis ilmiah. (3) keterkaitan antara kemampuan
menulis ilmiah dan Adapted Primary Literature adalah bahwa
Adapted Primary Literature melalui panduan menulis
komponen karya tulis ilmiah yang dilakukan secara bertahap
sebagai stimulus menghadirkan reaksi berupa tindakan siswa
untuk menulis ilmiah mengikuti panduan. Hal tersebut
berdasarkan pada teori belajar hubungan antara stimulus dan
respons yang dikemukakan oleh Edward Thorndike.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 02 Dec 2024 06:16
Last Modified: 02 Dec 2024 06:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30849

Actions (login required)

View Item View Item