Pengaruh Etika Pelayanan, Kualitas Sumber Daya Manusia, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia KC Madiun

Wijayanto, Rudi (2024) Pengaruh Etika Pelayanan, Kualitas Sumber Daya Manusia, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia KC Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402190160_RUDI WIJAYANTO_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Bank Syariah Indonesia KC Madiun. Bank tersebut Etika Pelayanan, Kualitas SDM, dan Kualitas Layanan yang diberikan sudah baik namun, masih terdapat nasabah yang belum puas dengan tiga hal tersebut. Sedangkan dalam teori dijelaskan bahwa semakin berkualitas suatu pelayanan maka tingkat kepuasan akan semakin meningkat.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Etika Pelayanan, Kualitas SDM, dan Kualitas Layanan terhadap kepuasan nasabah di BSI KC Madiun. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode pemilihan sampel pada penelitian ini adalah insidental sampling. Penelitian ini menggunakan rumus cochran dengan jumlah responden 97 nasabah. Data yang diperoleh diolah menggunakan teknik analisis data Eviews.
Hasil penelitian ini yaitu Etika Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BSI KC Madiun sebesar 14,6% artinya Etika Pelayanan memiliki pengaruh 14,6% terhadap kepuasan nasabah dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.Variabel Kualitas SDM berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BSI KC Madiun adalah sebesar 28,4% artinya kaualitas SDM memeiliki pengaruh 28,4% terhadap kepuasaan nasabah dan sisanya di pengaruhi oleh faktor lain. Variabel Kualitas Layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah sebesar 62,5% artinya Kualitas Layanan memiliki pengaruh 62,5% terhadap kepuasan nasabah dan sisanya di pengaruhi faktor lain.
Hasil uji F menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga〖 H〗_a3 diterima yang artinya Etika Pelayanan, Kualitas SDM dan Kualitas Layanan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah BSI KC Madiun. Nilai koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,408 menunjukkan bahwa hubungan antara Etika Pelayanan, Kualitas SDM dan Kualitas Layanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BSI KC Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitriana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:06
Last Modified: 02 Dec 2024 07:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30848

Actions (login required)

View Item View Item