Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Menggali Informasi Siswa.

Fatimah, Milan (2022) Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Kemampuan Menggali Informasi Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180043_MILAN FATIMAH_SKRIPSI DUMMY FIKSSSSS (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menggali informasi merupakan suatu
upaya untuk memperoleh informasi secara detail dan akurat
yang sangat berperan penting untuk menghadapi kehidupan di
abad ke-21. Namun, kemampuan menggali informasi peserta
didik di MTs N 3 Wonogiri masih tergolong rendah. Hal
tersebut dibuktikan dengan hasil observasi yang menunjukkan
bahwa belum dikuasainya indikator-indikator kemampuan
menggali informasi oleh peserta didik. Salah satu upaya yang
dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan
memvariasikan penerapan model pembelajaran atau strategi
pembelajaran yang mampu menunjang kemampuan menggali
informasi peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh
penerapan model pembelajaran inquiry berbantuan metode
role playing terhadap kemampuan menggali informasi siswa
kelas VIII di MTs N 3 Wonogiri. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai
kelas eksperimen yang diberi perlakuan khusus dengan model
pembelajaran inquiry berbantuan metode role playing dan
kelas VIII B sebagai kelas kontrol tanpa diberi perlakuan
khusus. Penelitian ini menggunakan pre test dan post test
sebagai instrumen pengumpulan datanya. Sebelum diberikan
perlakuan terhadap masing-masing kelas terlebih dahulu
diberikan pre test untuk mengetahui kondisi awal siswa pada
kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemudian post test
diberikan ketika kedua sampel telah mendapatkan perlakuan.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t
dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini adalah keterlaksanaan pembelajaran
dengan model inquiry berbantuan metode role playing
terlaksana dengan baik sesuai dengan yang telah
direncanakan. Respon peserta didik terhadap pembelajaran
dengan model inquiry berbantuan metode role playing juga
dapat dikatakan baik dan cenderung positif. Dilihat dari hasil
analisis datanya, diketahui bahwa Sig 2-tailed sebesar 0,02
kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan nilai rata-rata kelas
eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu sebesar
72,52. Sehingga dapat diketahui bahwa kemampuan menggali
informasi peserta didik kelas VIII menggunakan model
pembelajaran inquiry berbantuan metode role playing lebih
baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi
sistem pernapasan manusia di MTs N 3 Wonogiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 02 Dec 2024 06:05
Last Modified: 02 Dec 2024 06:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30846

Actions (login required)

View Item View Item