Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran STEM dengan Pendekatan Sosio-emosional Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis.

Fuadah, Luluk (2022) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran STEM dengan Pendekatan Sosio-emosional Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180040_LULUK FUADAH_TADRIS IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir logis merupakan salah satu kemampuan kompleks
abad 21 yang penting dipersiapkan untuk meng hadapi dunia kerja. Namun
kenyataannya kemampuan berpikir logis siswa cenderung rendah
dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan guru cenderung monoton
sehingga pemahaman materi dan keaktifan siswa menjadi kurang. Model
pembelajaran STEM dengan pendekatan Sosio-emosional merupakan salah
satu model yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut karena
merupakan model pembelajaran yang inovatif juga terintegrasi dari
beberapa disiplin ilmu berbasis Sosio-emosional yang menekankan pada
keaktifan siswa dan berdasarkan pada masalah didunia nyata sehingga
sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterlaksanaan model
pembelajaran STEM dengan pendekatan Sosio-emosional, 2) Mengetahui
aktivitas siswa selama diterapkannya model pembelajaran STEM dengan
pendekatan Sosio-emosional, dan 3) Mengetahui efektivitas model
pembelajaran STEM dengan pendekatan Sosio-emosional dalam
meningkatkan kemampuan berpikir logis.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
Quasi Eksperimental Design. Data diperoleh dari siswa kelas VIII MTs
Ma’arif Al-Mukarrom melalui observasi dan tes. Instrumen yang digunakan
adalah perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, dan LKPD), lembar
observasi keterlaksanaan dan aktivitas siswa, serta tes tulis kemampuan
berpikir logis. Analisis data menggunakan Uji T dan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan 1) keterlaksanaan model pembelajaran
STEM dengan pendekatan Sosio-emosional sebesar 89,50%, 2) presentase
aktivitas siswa 90,84% dalam kriteria sangat baik, 3) terdapat efektivitas
yang signifikan antara model pembelajaran STEM dengan pendekatan
Sosio-emosional dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis , juga Uji
N-Gain membuktikan bahwa model pembelajaran STEM dengan
pendekatan Sosio-emosional lebih efektif daripada model konvensional
dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 02 Dec 2024 05:59
Last Modified: 02 Dec 2024 05:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30843

Actions (login required)

View Item View Item