Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Socioscientific Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Mlarak

Kurniasari, Indah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Socioscientific Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Mlarak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180036_Indah Kurniasari_Tadris IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir reflektif memiliki peran penting, kenyataannya kemampuan berpikir
reflektif peserta didik tergolong masih rendah. Hal tersebut juga terjadi di SMP Negeri 1 Mlarak
pada peserta didik kelas VII. Penggunaan model pembelajaran creative problem solving (CPS)
berbasis socioscientific mejadi salah satu alternatif solusi dari permasalahan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan, aktivitas peserta didik, dan
pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis socioscientific terhadap
kemampuan berpikir reflektif peserta didik mata pelajaran IPA.
Sampel penelitian ini yaitu kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII B (kelas kontrol).
Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan soal tes. Lembar observasi digunakan untuk
mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik. Soal tes digunakan untuk
mengetahui kemampuan berpikir reflektif. Data observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Data tes dianalisis menggunakan uji independen sampel t-test dan N-Gain.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan
model creative problem solving (CPS) berbasis socioscientific sangat baik dengan nilai rata-rata
sebesar 80%. Hasil penelitian aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan model
pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis socioscientific memiliki kriteria baik
dengan nilai rata-rata sebesar 76%. Berdasarkan hasil uji independen sample t-test diketahui
bahwa nilai signifikansi sebesar 0,002, karena nilai signifikansi kurang dari 0,05, maka H0
ditolak. Hal ini menunjukkan rata-rata kemampuan berpikir reflektif peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis socioscientific tidak
sama dengan kemampuan berpikir reflektif peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 02 Dec 2024 05:49
Last Modified: 02 Dec 2024 05:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30840

Actions (login required)

View Item View Item