Pengaruh Model Pembelajaran problem Based Learning (PBL) Ddengan Teknik Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Kognitif dan Empati Kognitif

Agustriyani, Indah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran problem Based Learning (PBL) Ddengan Teknik Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Kognitif dan Empati Kognitif. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180035_INDAH AGUSTRIYANI_TIPA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan salah satu bentuk
kemampuan yang melibatkan proses dalam mengenali atau
mengamati seseorang, baik dari ide, gagasan serta nilai.
Sedangkan empati kognitif yaitu kemampuan dalam memahami
perasaan seseorang dan mengenali permasalahan yang terjadi
dalam proses pembelajaran. Kemampuan kognitif dan empati
kognitif peserta didik tergolong masih rendah. Hal tersebut juga
terjadi di MTsN 6 Ponorogo pada peserta didik kelas VIII.
Penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL)
dengan teknik layanan bimbingan kelompok menjadi salah satu
alternatif solusi dari permasalahan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
keterlaksanaan model pembelajaran problem based learning
dengan teknik layanan bimbingan kelompok, mengetahui
aktivitas peserta didik selama menerapkan model problem based
learning dengan teknik layanan bimbingan kelompok serta
efektivitas model problem based learning dengan teknik layananbimbingan kelompok terhadap peningkatan kemampuan
kognitif dan empati kognitif.Metode ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan
jenis eksperimen Pretest-Postest Control Group Design. Sampel
penelitian ini merupakan sampel jenuh yang menggunakan 2
kelas yang terdiri dari VIII A berjumlah 26 dan VIII B
berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data ini
menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
keterlaksanaan pembelajaran didapatkan nilai rata-rata 3,6.
Sehingga dapat dikatakan bahwa keterlaksanaan proses
pembelajaran terlaksana dengan baik. Sedangkan pada aktivitas
peserta didik didapatkan nilai rata-rata 3,51 menunjukkan
respon yang positif untuk aktif selama proses belajar mengajar
berlangsung. Berdasarkan hasil statistik inferensial yang telah
dilakukan bahwa pada uji two-tailed diketahui bahwa sig < 0,05.
Sehingga terdapat perbedaan antara model PBL dengan teknik
layanan bimbingan kelompok dengan Teknik layanan
bimbingan kelompok dengan non PBL. Sedangkan pada hasil uji
one tailed diketahui bahwa sig. < 0,05 dapat dikatakan model
PBL dengan eknik layanan bimbingan kelompok lebih baik dari
pada non PBL. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah
dilakukan pada uji ancova dan uji anava (dua jalan) diketahui
bahwa sig.< 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa model PBL
dengan Teknik layanan bimbingan kelompok efektif terhadap
kemampuan kognitif dan empati kognitif. Dalam hal ini,
efektivitas model problem based learning dengan teknik
layanan bimbingan kelompok terhadap kemampuan kognitif
dan empati kognitif secara signifikan efektif dari pada non PBL. Sehingga tidak ada pengaruh faktor luar atau variabel lain yang
mempengaruhinya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 02 Dec 2024 05:46
Last Modified: 02 Dec 2024 05:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30839

Actions (login required)

View Item View Item