Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan Sosiosaintifik terhadap Kemampuan Penalaran

Pradana, Frendy Aditya (2022) Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan Sosiosaintifik terhadap Kemampuan Penalaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180030_Frendy Aditya_Tadris IPA (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hakikatnya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada
peserta didik baik secara individu maupun kelompok, agar
mampu berperan aktif dalam mencari, menggali dan
menemukan konsep, serta mampu menemukan prinsip
secara holistik dan otentik. Melalui pembelajaran IPA
peserta didik diharapkan mampu mengaplikasikan penalaran
secara reflektif. Dengan demikian, peserta didik mampu
menghubungkan dan mengintergrasikan berbagai macam
informasi. Akan tetapi, realita dilapangan menunjukkan
bahwa kemampuan penalaran peserta didik masih kurang.
Hal ini sebagaimana yang terjadi di MTs Ma’arif Al Ishlah
Bungkal Ponorogo. Berdasarkan permasalahan tersebut,
maka perlu adaya model pemelajaran yang tepat. Salah satu
model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan
penalaran peserta didik yaitu model pembelajaran inkuiri
dengan pendekatan sosiosaintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri denganpendekatan sosiosaintifik di MTs Ma’arif Al Ishlah Bungkal Ponorogo, mengetahui aktivitas peserta didik selama iterapkan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan
sosiosaintifik di MTs Ma’arif Al Ishlah Bungkal Ponorogo,
mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri dengan
pendekatan sosiosaintifik terhadap kemampuan penalaran
peserta didik di MTs Ma’arif Al Ishlah Bungkal Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 40 sampel yang berasal dari
kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai
kelas kontrol di MTs Ma’arif Al Ishlah Bungkal Ponorogo.
Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan soal tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui
keterlaksanaan dari model pembelajaran dan aktivitas
peserta didik saat diterapkannya model pembelajaran inkuiri
dengan pendekatan sosiosaintifik serta lembar tes digunakan
untuk meetahui kemampuan penalaran peserta didik. Data
dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik
inferensial yaitu uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan
model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan
sosiosaintifik mendapatkan persentase sebesar 88% dengan
kategori sangat baik dan aktivitas pesarta didik pada saat
diterapkan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan
sosiosaintifik mendapatkan persentase sebesar persentase
87% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji-t
(two-tailed) diketahui bahwa kemampuan penalaran peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri
dengan pendekatan sosiosaintifik dan model pembelajaran
ceramah tidak sama. Karena ada perbedaan yang signifikan
maka dilakukan uji lanjut dengan uji-t (one-tailed). Dari uji- t (one-tailed) diketahui bahwa kemampuan penalaran
peserta didik yang menerapkan model pembelajaran inkuiri
dengan pendekatan sosiosaintifik lebih baik dari model
pembelajaran ceramah. Dengan demikian modelpembelajaran inkuiri dengan pendekatan sosiosaintifik
efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran peserta
didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 02 Dec 2024 05:42
Last Modified: 02 Dec 2024 05:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30838

Actions (login required)

View Item View Item