..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Implementasi Proyek Profil Pelajar Pancasila di SMP Ma’arif 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024

Izza, Ikvi Nisaul (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG).. Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Melalui Implementasi Proyek Profil Pelajar Pancasila di SMP Ma’arif 5 Ponorogo Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200087_IKVI NISAUL IZZA_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter disiplin siswa. Akan tetapi saat ini telah banyak terjadi pergeseran akhlak ataun karakter siswa di sekolah khususnya pada siswa menengah atas. Dalam hal ini, Pendidikan Agama Islam memiliki potensi besar dalam menanggulangi pergeseran akhlak atau karakter siswa. Oleh karena itu, melalui kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam baik dikelas maupun diluas kelas yang diwujudkan melalui kegi.atan pembiasaan dan keagamaan di sekolah, serta dengan peran dan usaha pihak sekolah maka dapat menjadi suatu upaya dalam membentuk sikap atau akhlak siswa yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam membentuk karakter disiplin siswa melalui Profil Pelajar Pancasila, (2) untuk menjelaskan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa melalui Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Dalam Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis kualitatif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dan pendidik memiliki dampak signifikan dalam membentuk dan menumbuhkan karakter disiplin siswa melalui implementasi Profil Pelajar Pancasila. Sebagai motivator, guru memberikan dorongan dan inspirasi kepada siswa untuk menjalankan disiplin secara konsisten berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik, guru memainkan peran penting dalam mengajarkan, membimbing, dan menanamkan prinsip-prinsip disiplin secara praktis dan berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 05:22
Last Modified: 02 Dec 2024 05:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30828

Actions (login required)

View Item View Item