Pengaruh Persepsi, Pengetahuan, dan Pekerjaan, Terhadap Minat Menabung Masyarakat Desa Sogo Kecamatan Balerejo Madiun di Bank Syariah

Nur Azizah, Rana (2024) Pengaruh Persepsi, Pengetahuan, dan Pekerjaan, Terhadap Minat Menabung Masyarakat Desa Sogo Kecamatan Balerejo Madiun di Bank Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Rana Nur Azizah-402190258-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Azizah Nur, Rana. Pengaruh Persepsi, Pengetahuan Dan Pekerjaan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Desa Sogo Kecamatan Balerejo Madiun Di Bank Syariah. Skripsi. 2024. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yulia Anggraini, M.M.
Kata Kunci: Persepsi, Pengetahuan, Pekerjaan Dan Minat Menabung.
Minat adalah suatu kecenderungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat secara terus menerus. Minat ini erat kaitannya dengan perasaaan yang senang. Orang yang berminat pada sesuatu berarti dia merasa senang dengan sesuatu tersebut. Melihat kurang minatnya masyarakat untuk menabung di bank syariah sebagai calon nasabah ataupun nasabah mempertimbangkan persepsi dan pengetahuan tentang perbankan syariah. Dan pada akhirnya masyarakat akan lebih memahami mengenai pengetahuan dan akan berminat menggunakan bank syariah.
Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti ingin mengetahui apakah pengaruh persepsi, pengetahuan dan pekerjaan berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi 3,502. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 117 responden. Metode pengumpulan data dilaukan menggunakan teknik probability sampling dengan menggunaan metode teknik random sampling. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji linier berganda dengan uji T dan uji F serta koefisien determinasi (R2) menggunakan SPSS.
Hasil penelitian secara parsial menunjukkan variabel Persepsi berpengaruh terhadap minat masyarakat dengan nilai t hitung sebesar 5,887 > 1,658 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05; Pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung sebesar 3,241 > 1,658 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05; Pekerjaan tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat dengan nilai t hitung sebesar sebesar (-1,822) < 1,658 dan nilai signifikansi sebesar 0,071 > 0,05. Adapun hasil penelitian secara simultan persepsi, pengetahuan dan pekerjaan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji F diketahui nilai signifikasi 0,000; Sehingga 0,000 < 0,05 Nilai koeisien determinasi (R square) sebesar 0,633 memiliki arti bahwa pengaruh variabel X1, X2, X3 terhadap Y adalah sebesar 0,633 = 63,3% dan sisanya 36,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:40
Last Modified: 02 Dec 2024 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30777

Actions (login required)

View Item View Item