Rohmandani, Salsa Bila (2024) Implementasi Marketing Mix Produk Pembiayaan Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SALSA BILA ROHMANDANI_402200078_IAIN PONOROGO..pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Rohmandani, Salsa Bila. Implementasi Marketing Mix Produk Pembiayaan Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso. Skripsi. 2024. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Kenlies Era Rosalina Marsudi, M.Pd.
Kata Kunci: Marketing Mix, Produk Cicil Emas, Bank Syariah
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia yang semakin meningkat menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Adanya persaingan tersebut menuntut bank untuk gencar memasarkan produknya. Maka, agar produknya tetap hidup, BSI harus menggunakan konsep marketing mix (bauran pemasaran) yang tepat. Tujuan dari marketing mix (bauran pemasaran) ini yaitu memberikan wawasan nasabah Nganjuk Yos Sudarso mengenai produk cicil emas, karena banyak nasabah yang belum mengetahui produk cicil emas yang baik sebagai sarana investasi.
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk menganalisis bagaimana mekanisme marketing mix produk pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso. (2) Untuk menganalisis bagaimana faktor pendukung dan penghambat marketing mix produk pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso. (3) Memberikan gambaran dampak implementasi marketing mix pada produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research untuk menemukan fenomena secara khusus dan realistis apa yang telah terjadi pada masyarakat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso menggunakan konsep marketing mix (bauran pemasaran) yang meliputi konsep 7P yaitu: Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang), Physical evidence (bukti fisik), Process (proses) pada produk pembiayaan cicil emas. Faktor pendukung dalam memasarkan produk cicil emas terletak pada sisi investasi dan nilai perkembangan objeknya dan faktor penghambatnya yaitu minimnya sosialisasi pemasaran produk secara menyeluruh. Setelah melakukan penerapan strategi marketing mix (bauran pemasaran) dampak yang di sampaikan oleh pihak bank yaitu dengan menerapkan konsep marketing mix (bauran pemasaran) ini target produk cicil emas lebih terarah sehingga memudahkan marketing untuk memasarkan produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Nganjuk Yos Sudarso.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kenlies Era Rosalina Marsudi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 01:32 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 01:32 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30769 |
Actions (login required)
View Item |