EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VII SMPN 6 PONOROGO

Pratiwi, Sylvia Intan Eka (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VII SMPN 6 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208200091_SYLVIA INTAN EKA PRATIWI_TADRIS IPS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pratiwi, Sylvia Intan Eka. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VII SMPN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Aristiawan, M.Pd.
Kata Kunci: Mind Mapping, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Pemahaman Konsep
Pemahaman konsep adalah kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran, memungkinkan mereka untuk memahami dan menginterpretasikan kembali suatu konsep sesuai dengan kemampuan mereka. Pemahaman ini merupakan faktor kunci yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jika siswa benar-benar memahami dan menguasai konsep yang diajarkan, maka hasil belajar mereka akan lebih baik. Dari hasil observasi di SMPN 6 Ponorogo, terlihat bahwa kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang digunakan oleh guru, masih didominasi oleh ceramah dan penugasan. Maka berdampak pada pemahaman siswa kelas VII yang kurang optimal, terutama dalam pelajaran IPS. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti berupaya memperbaiki proses dan model pembelajaran IPS dengan menggunakan model yang lebih fleksibel, tidak kaku, dan tidak monoton. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping diusulkan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS. Model kooperatif tipe jigsaw menekankan kerja sama dalam kelompok kecil, guru berperan sebagai fasilitator yang membantu pemahaman konsep agar lebih mendalam, sementara mind mapping memanfaatkan visualisasi kreatif untuk membantu mengingat dan memahami materi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping; (2) mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa yang mendapatkan model pembelajaran direct instruction; (3) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping efektif terhadap pemahaman konsep IPS siswa kelas VII SMPN 6 Ponorogo.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau Quasi Eksperimental. Dalam eksperimen semu, terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar tes. Tes dalam penelitian ini berupa pre-test (sebelum diberi perlakuan) dan post-test (setelah diberi perlakuan). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat, dan uji hipotesis mann whitny, t-test independent, uji n-gain.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMPN 6 Ponorogo terdapat efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping terhadap pemahaman konsep IPS siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aristiawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:25
Last Modified: 02 Dec 2024 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30745

Actions (login required)

View Item View Item