Mufiddah, Fitriana (2024) Pengaruh Penggunaan Metode Usmani dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kemampuan Baca al-Qur'an Mahasantri Ma'had al-Jami'ah IAIN Ponorogo Tahun 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200082 FITRIANA MUFIDDAH SKRIPSI E-THESES.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Mufiddah, Fitriana. 2024. Pengaruh Penggunaan Metode Usmani dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kemampuan Baca al-Qur’an Mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ponorogo Tahun 2024/2025. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Miftahul Ulum, M. Ag.
Kata Kunci: Penggunaan Metode Usmani, Kompetensi Profesional Guru, Kemampuan Baca al-Qur’an.
Kemampuan baca al-Qur’an merupakan kesanggupan seseorang dalam melafadzkan bacaan al-Qur’an secara baik dan benar. Adapun kemampuan antar individu tidaklah sama. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan baca al-Qur’an mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ponorogo. Faktor intrinsik yang berasal dari dalam diri mahasantri, seperti minat, bakat, intelegensi, pemahaman, kematangan serta kesiapan. Sedangkan faktor eksternal atau dari luar diri mahasantri diantaranya lingkungan, baik sosial maupun non sosial, seperti guru, metode mengajar, fasilitas pendidikan, lingkungan masyarakat, suasana rumah dan waktu belajar. Berdasarkan hasil observasi awal, temuan yang diperoleh peneliti adalah masih banyak mahasantri yang nilai placement test masih kurang atau dibawah rata-rata. Sehingga rendahnya kemampuan baca al-Qur’an mahasantri ini menjadi perhatian penting agar dapat diatasi dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting adanya mengetahui faktor-faktor yang secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan baca al-Qur’an mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan metode Usmani terhadap kemampuan baca al-Qur’an mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ponorogo; (2) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kemampuan baca al-Qur’an mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ponorogo; dan (3) pengaruh penggunaan metode Usmani dan kompetensi profesional guru terhadap kemampuan baca al-Qur’an mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 392 mahasantri yang mana 25% dari populasi dijadikan sebagai sampel penelitian (responden), yakni sebanyak 98 mahasantri. Adapun teknik yang digunakan dalam menganalisis data penelitian adalah analisis regresi linier sederhana dan berganda untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Selanjutnya instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan tes.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Pengaruh penggunaan metode Usmani terhadap kemampuan baca al-Qur’an mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ponorogo adalah sebesar 44,9%. (2) Kompetensi profesional guru berpengaruh sebesar 28,2% terhadap kemampuan baca al-Qur’an mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ponorogo. (3) Penggunaan metode Usmani dan kompetensi profesional guru berpengaruh sebesar 48,3% terhadap kemampuan baca al-Qur’an mahasantri Ma’had al-Jami’ah IAIN Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Miftahul Ulum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 01:14 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 01:14 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30729 |
Actions (login required)
View Item |