Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Dan Menulis Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II MI Al-Hikmah Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025

Wakhidah, Prenttyan Shuffah Myulta (2024) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Dan Menulis Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II MI Al-Hikmah Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
THESIS SKRIPSI 203200222 PRENTTYAN SHUFFAH MYULTA WAKHIDAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Membaca dan menulis permulaan (MMP) adalah menyuarakan kata atau kalimat yang tertulis (membaca) dan menuliskan bahasa lisan atau menyalin (menulis) yang merupakan pelajaran utama di kelas permulaan Sekolah Dasar. Pelajaran membaca dan menulis permulaan ini berkaitan satu sama lain, ketika membaca terjadi proses menyuarakan huruf yang tertulis dan ketika menulis terjadi proses menuliskan apa yang dilihat atau didengar. Jika membaca merupakan kemampuan berbahasa tulis yang bersifat reseptif atau menerima, maka menulis merupakan kemampuan menghasilkan tulisan.
Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) kesulitan siswa dalam membaca dan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II MI Al-Hikmah Ponorogo; (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca dan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II MI Al-Hikmah Ponorogo; dan (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan membaca dan menulis pada kelas II MI Al-Hikmah Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif berjenis studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) kesulitan membaca dan menulis seperti intonasi tidak jelas, belum bisa mengenal huruf diftong dan huruf digraf, kesulitan memahami kata, belum terlalu jelas dalam menulis, kesulitan dalam ketepatan menggunakan ejaan, kurangnya kerapian tulisan. (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca dan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II MI Al-Hikmah Ponorogo yaitu faktor lingkungan, faktor psikologis, perilaku, memori, Persepsi dari peserta didik. (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan membaca dan menulis pada kelas II MI Al-Hikmah Ponorogo yaitu dengan menyesuaikan kemampuan peserta didik, mengkomunikasikan kesulitan peserta didik dengan orang tua, penggunaan metode yang bervariatif, biasanya guru menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi kelompok. Guru juga membuat kelas menjadi aktif dengan cara memperbanyak interaksi guru dengan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:14
Last Modified: 02 Dec 2024 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30725

Actions (login required)

View Item View Item