Identifikasi Rasa Ingin Tahu pada Mata Pelajaran IPAS berdasarkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di MIN 4 Ponorogo

Hidayah, Fina Evy (2024) Identifikasi Rasa Ingin Tahu pada Mata Pelajaran IPAS berdasarkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203200045_Fina Evy Hidayah_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hidayah, Fina Evy. 2024. Identifikasi Rasa Ingin Tahu pada Mata Pelajaran IPAS berdasarkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di MIN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ulinnuha Nur Faizah, M.Sc.

Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Mata Pelajaran IPAS, Prestasi Belajar.

Rasa ingin tahu merupakan salah satu sikap yang dapat dikembangkan dalam salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar atau madrasah ibtida’iyah yaitu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Sedangkan prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktifitas belajar itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) rasa ingin tahu pada mata pelajaran IPAS berdasarkan prestasi belajar siswa kelas IV di MIN 4 Ponorogo; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi rasa ingin tahu pada mata pelajaran IPAS berdasarkan prestasi belajar siswa kelas IV di MIN 4 Ponorogo; dan (3) keterkaitan rasa ingin tahu dengan prestasi belajar siswa kelas IV di MIN 4 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui tes kemudian pengambilan sampel acak berstrata, dan melalui nontes seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian di MIN 4 Ponorogo yaitu peserta didik kelas IV dan wali kelas sebagai guru mata pelajaran IPAS. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Siswa prestasi belajar kategori tinggi memenuhi semua indikator rasa ingin tahu, siswa prestasi belajar kategori sedang belum memenuhi semua indikator, sedangkan siswa kategori prestasi belajar rendah kurang memenuhi semua indikator. (2) Faktor yang mempengaruhi rasa ingin tahu siswa yaitu apersepsi guru, faktor motivasi guru, faktor semangat dari diri siswa sendiri, dan faktor minat belajar siswa. Terdapat faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar siswa kelas IV di MIN 4 Ponorogo yaitu terdapat faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal meliputi kecerdasan siswa, jasmani, sikap, minat, bakat, dan motivasi, serta faktor eksternal meliputi latar belakang keluarga (mencakup keharmonisan keluarga, ekonomi keluarga, dan keutuhan keluarga), keadaan sekolah, lingkungan masyarakat, sarana dan prasarana. (3) Rasa ingin tahu siswa berkaitan dengan prestasi belajar siswa, siswa yang berkategori prestasi belajar tinggi memenuhi semua indikator rasa ingin tahu serta cenderung lebih aktif dalam proses pembelajaran. Siswa yang berkategori prestasi belajar sedang, belum memenuhi serta cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran. Siswa yang berkategori prestasi belajar rendah, kurang atau tidak memenuhi serta cenderung pasif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulinnuha Nur Faizah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:11
Last Modified: 02 Dec 2024 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30715

Actions (login required)

View Item View Item