Strategi Membangun Image Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Sephiana, Deasty Dwi (2024) Strategi Membangun Image Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ethesis_402200102_Deasty Dwi Sephiana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang populernya BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya yang ada di Ponorogo. Hal ini menuntut BPRS Mitra Mentari Sejahtera untuk membangun image perusahaan. Image sendiri merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan dalam meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan untuk membangun image, hambatan yang dialami BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dalam membangun image, dan dampak dari strategi yang digunakan untuk membangun image di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan field research dan metode pengumpulan data secara langsung dengan pengamatan dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera yang berlokasi di Jl. Ir H Juanda, No.21, Tonatan, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
Hasil menunjukkan bahwa BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo melakukan strategi membangun image untuk meningkatkan jumlah nasabah secara langsung dan tidak langsung. Untuk pelaksanaan secara langsung BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo melakukan komunikasi bersama masyarakat dengan melalui sosialiasi dan promosi secara rutin (enterprise strategy dan corporate strategy). Untuk pelaksanaan secara tidak langsung BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo melalui sosial media (functional strategy). Hambatan yang dirasakan oleh BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dalam membangun image adalah dari kurangnya pemahaman masyarakat terhadap prinsip syariah dan juga persaingan dari bank lain yang sudah mapan. Dampak dari strategi membangun image secara langsung bisa dikatakan positif dibuktikan dengan meningkatnya jumlah nasabah sebesar 1.672 nasabah pada tahun 2021-2022 dan 1.471 nasabah pada tahun 2022-2023 di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Sedangkan untuk strategi dengan memanfaatkan media sosial masih belum memberikan dampak yang signifikan terlebih pada segmen mikro.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fitra Rizal
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:11
Last Modified: 02 Dec 2024 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30714

Actions (login required)

View Item View Item