Cahyani, Norshella Dwi (2024) Strategi Promosi Pada Produk Pembiayaan Mikro Expres Di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
E-THESES NORSHELLA DWI CAHYANI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dwi Cahyani, Norshella. Strategi Promosi Pada Produk Pembiayaan Mikro Expres Di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Skripsi. 2024. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Said Abadi, M.A.
Kata Kunci: Strategi Promosi, Pembiayaan Mikro Expres.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi promosi yang diterapkan di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo pada pembiayaan Mikro Expres, untuk menganalisis kendala-kendala yang dihadapi dalam promosi produk pembiayaan Mikro Expres, dan untuk menganalisis dampak promosi pada produk pembiayaan Mikro Expres di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah M. Miftahuddin selaku bagian pemasaran BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah sumber yang tidak langsung seperti jurnal, skripsi, dan dokumen-dokumen milik BPRS. Teknik pengumpulan data penulis lakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah memperoleh data, kemudian data tersebut dianalisis dan diolah dengan menggunakan metode Deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, strategi promosi yang ada di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo berfokus pada penjualan personal (personal selling), periklanan, dan kesinambungan interaksi sosial dengan masyarakat atau nasabah. Hal tersebut sejalan dengan metode yang digunakan untuk mempromosikan produk pembiayaan Mikro Expres yang meliputi spanduk, media sosial, dan brosur. Kedua, kendala dalam mempromosikan produk pembiayaan Mikro Expres seperti kurangnya pengetahuan nasabah terhadap produk Mikro Expres, kondisi pasar yang cenderung fluktuatif, serta pesaing dari lembaga keuangan konvensional. Ketiga, promosi produk Pembiayaan Mikro Expres di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo terbukti memberikan dampak positif yang signifikan. Selain meningkatkan jumlah nasabah dan volume pembiayaan, promosi ini juga berhasil memperkuat strategi dan reputasi bank di masyarakat. Namun, bank perlu menghadapi tantangan berupa rendahnya literasi keuangan di masyarakat dan keterbatasan anggaran promosi. Dengan upaya yang lebih intensif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Said Abadi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 01:09 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 01:09 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30711 |
Actions (login required)
View Item |