Ulum, Naila Muadib Minhatul (2024) Implementasi Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan di SMK Negeri 1 Bendo Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200355_Naila Muadib M.U_Etheses.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Ulum, Naila Muadib Minhatul. 2024. Implementasi Pembelajaran Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sebagai Upaya Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan di SMK Negeri 1 Bendo Magetan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis lingkungan, Pendidikan Agama Islam, Karakter peduli.
Seorang siswa harus memiliki karakter peduli lingkungan agar terbiasa hidup bersih dan sehat, serta dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk kegiatan sehari-hari. Dengan lingkungan yang kondusif akan tercipta proses pembelajaran yang bermutu. Karakter peduli terhadap lingkungan dapat dibentuk melalui berbagai cara salah satunya adalah melalui pembelajaran berbasis lingkungan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya memperkuat pemahaman siswa tentang ajaran agama tetapi juga membentuk karakter siswa dalam nilai-nilai lingkungan hidup. Dalam materi meraih kasih Allah Swt dengan ihsan dan semangat beribadah dengan menyakini hari akhir menunjukkan bahwa dapat mengintegrasikan ajaran agama tentang ihsan dan tanggung jawab terhadap alam, sehingga siswa tidak hanya memahami konsep spiritual, tetapi juga mengaplikasikan melalui tindakan nyata merawat lingkungan dan berbuat baik kepada semua makhluk.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis lingkungan di SMK Negeri 1 Bendo Magetan 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis lingkungan di SMK Negeri 1 Bendo Magetan dan 3) mendeskripsikan implikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis lingkungan pada karakter kepedulian siswa terhadap lingkungan di SMK Negeri 1 Bendo Magetan.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah studi kasus, proses pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan ialah triangulasi sumber dan teknik. Data yang sudah valid dianalisis menggunakan miliknya Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, tampilan data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran berbasis lingkungan pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Bendo Magetan meliputi: menyusun program tahunan, program semester, silabus dan RPP (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis lingkungan dimulai dari peribadatan, pembukaan, menjelaskan materi dengan menyelipkan permasalahan di lingkungan, eksplore, diskusi, sesi tanya jawab, penjelasan ulang pemberian tugas, motivasi, dan penutup (3) Implikasi pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti berbasis lingkungan pada karakter kepedulian siswa terhadap lingkungan di SMK Negeri 1 Bendo Magetan meliputi: siswa aktif, kelas kondusif, kegiatan membersihkan lingkungan sekolah, melestarikan tanaman, dan membuang sampah pada tempatnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wahid Hariyanto |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 01:48 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 01:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30702 |
Actions (login required)
View Item |