Pengaruh Pemahaman, Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Preferensi Menabung di Bank Syariah dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi

Cahyanti, Della (2024) Pengaruh Pemahaman, Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Preferensi Menabung di Bank Syariah dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402200130_Della Cahyanti_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cahyanti, Della. Pengaruh Pemahaman, Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Preferensi Menabung di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. 2024. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing : Moh. Faizin, M.SE.
Kata Kunci : Pemahaman, Produk, Kualitas Layanan, Preferensi Menabung, Religiusitas
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya minat masyarakat terhadap perbankan syariah, namun masih banyak nasabah yang kurang memahami produk dan layanan yang ditawarkan. Selain itu, kualitas layanan yang bervariasi juga memengaruhi preferensi menabung di bank syariah. Dengan adanya religiusitas yang dapat memoderasi pengaruh tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pemahaman, produk, dan kualitas layanan berinteraksi dengan religiusitas dalam mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung di bank syariah.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pemahaman, produk dan kualitas layanan terhadap preferensi menabung di bank syariah dengan religuisitas sebagai variabel moderasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di wilayah ponorogo yang merupakan pengguna bank syariah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan metode pemilihan sampel menggunakan proporsional random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan software SPSS.25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pemahaman berpengaruh signifikan terhadap preferensi menabung. Variabel produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap preferensi menabung. Variabel kualitas layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap preferensi menabung. Terdapat pengaruh yang signifikan atas pemahaman, produk, dan kualitas layanan secara simultan terhadap preferensi menabung. Pemahaman yang dimoderasikan oleh religiusitas memperkuat pengaruh hubungan pemahaman dengan preferensi menabung, variabel produk yang dimoderasikan oleh religiusitas terhadap preferensi menabung memperkuat pengaruh hubungan produk dengan preferensi, dan kualitas layanan yang dimoderasikan oleh religiusitas terhadap preferensi menabung memperkuat pengaruh hubungan kualitas layanan dengan preferensi menabung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:44
Last Modified: 02 Dec 2024 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30691

Actions (login required)

View Item View Item