Analisis Kemampuan Berpikir Rasional Siswa Dalam Perspektif Karir Bidang Science, Technology, Engineering, And Mathematics(STEM)

Putri, Ersa Amalia (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Rasional Siswa Dalam Perspektif Karir Bidang Science, Technology, Engineering, And Mathematics(STEM). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180027_Ersa Amalia Putri_Skripsi dummy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir rasionalmerupakan kemampuan yang dimiliki seseorang berdasarkan kejadian nyata sehingga seseorang mampu menyelesaikan masalah dengan pola pikir yang wajar yang dapat di terima oleh nalar. PendekatanSTEMmerupakan pendekatan menggabungkan empat bidang ilmu yaitu Science, Technology, Engineering, And Mathematicsyang menarik diterapkan dalam pembelajaran IPA, untukmenarik peserta didikdalam menentukan karir khususnyabidang STEM.Penelitian ini bertujuan untuk 1)bagaimana kemampuan berpikir rasional siswa terhadap perspektif mereka pada karir di bidang STEM, 2) faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir rasional siswa terhadap perspektif mereka pada karir di bidang STEM,3) keterkaitankemampuan berpikir rasional siswa terhadap perspektif mereka pada karir di bidang STEM.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis atau desain penelitian naturalistic. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam (In Depth Interview)yang dilakukan terhadap 7informan terpilih. data yang telah diperoleh kemudian di analisis dengan model Miles & Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaiti 1) Reduksi Data 2) Penyajian Data 3) Dan Penarikan Kesimpulan,analisis dalam penelitian ini di bantu denganSoftware Nvivo12 untuk proses codingyang membantupeneliti mengetahui kategori kemampuan berpikir rasional dan jawaban yang sesuai pada wawancara. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menujukan bahwa 1) Peserta didikmemiliki kecenderungan untukberkreasi dalam pengolahan sebuah produk yang didasarkan dengan kemampuan membayangkan dan kemampuan berimajinasi. Dengan mengaplikasikan kemampuan berimajinasi dan membayangkan peserta didik memiliki pandangan terhadap karir di bidang STEM. Peserta didik memiliki kecenderungan untuk berkarir di bidang Sains, Tehnik dan Teknologi sehingga peserta didik memiliki keinginan untukberkarir di bidang bioteknoplaner.2)Terdapat 3 faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam memiliki kemampuan berpikir rasional terhadap perspektif karir di bidang STEM yang pertama adalah 1) faktor pemahaman, peserta didik menjelaskan bahwa faktor pemahaman yang minim terhadap STEM membuatpeserta didik kurang memiliki pandangan untuk berkarir di bidang STEM. 2) faktor matematika atau menghitung, dimana STEM sendiri terdapat bidang matematika didalamnya.Selain itu pada kegiatan praktik peserta didik juga dihadapkan pada kegiatan menghitung hal tersebut menjadi permasalahan peserta didik. 3) faktor lingkungan. Lingkungansekolah dan teman menjadi pengaruh peserta didik dalam belajar. 3)Keterkaitan kemampuan berpikir rasional terhadap perspektif karir di bidang STEM dapat dilihat dari kegiatan praktik yang dilakukan peserta didik. Peserta didik berimajinasi dan membayangkansehinggapeserta didik yang memiliki kemampuan berpikir rasional terhadapperspektif karirbidang STEM dapat dilihat kaitannya pada peserta didik yang melakukan kegiatan praktik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:38
Last Modified: 29 Nov 2024 07:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30680

Actions (login required)

View Item View Item