Muna, Yusnida Zakiyatul (2024) Dampak Hiperrealitas Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah FEBI IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401200315_YUSNIDA ZAKIYATUL M_EKONOMI SYARIAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Muna, Yusnida Zakiyatul. Dampak Hiperrealitas Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah FEBI IAIN Ponorogo. Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Kenlies Era Rosalina Marsudi, M.Pd.
Kata Kunci: Hiperrealitas, Shopee Paylater, Perilaku Konsumtif.
Hiperrealitas merupakan fenomena kelahiran realitas artifisial yang melampaui realitas nyata, yang ditandai dengan perluasan media sosial yang memfasilitasi individu dalam mengekspresikan diri melalui kode-kode visual tanda-tanda untuk mewakili diri mereka sendiri. Implikasinya adalah individu-individu dalam masyarakat modern menjadi terobsesi untuk selalu memanfaatkan jalan pintas demi mendapat kemudahan. Kemudahan dan kenyamanan dana instan yang diberikan shopee paylater mendorong individu menjadi lebih konsumtif dalam perilaku belanjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fenomena hiperrelitas shopee paylater dan dampaknya terhadap perilaku konsumtif yang terjadi kepada mahasiswa Ekonomi Syariah FEBI IAIN Ponorogo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan shopee paylater dikalangan mahasiswa dan perilaku yang timbul dari adanya hiperrealitas shopee paylater pada mahasiswa dan dampaknya pada perilaku konsumtif mahasiswa Ekonomi Syariah FEBI IAIN Ponorogo. Dilihat dari bagaimana penggunaan shopee paylater dan kebutuhan penggunaannya ketika melakukan pembelian di e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data metode pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa hiperrealitas shopee paylater yang terjadi kalangan mahasiswa terjadi karena adanya pengaruh iklan dan lingkungan pertemanan kemudian mahasiswa menganalisis fitur ini untuk menggunakannya didorong dengan adanya kemudahan dan promo. Hiperrealitas ini kemudian mendorong perilaku belanja pada mahasiswa yang cenderung konsumtif. Dampaknya pada mahasiswa yaitu adanya ilusi kemampuan finansial yang mendorong perubahan intensitas peilaku belanja berlebih dan kebiasaan berhutang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kenlies Era Rosalina Marsudi |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 08:07 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 08:07 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30678 |
Actions (login required)
View Item |