Efektifitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Pendekatan Socioscientific terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kontekstual Peserta Didik di MTs Negeri 3 Ponorogo

Sholeha, Ellina Maylani (2022) Efektifitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Pendekatan Socioscientific terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kontekstual Peserta Didik di MTs Negeri 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180023 Ellina Maylani Sholeha Tadris IPA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah pembelajaran yang mempelajari alam, adapun materi yang dipelajari selalu konkret yang terindra dan fenomenal. Pembelajaran yang melatih peserta didik berpikir kontekstual, terdapat dalam pembelajaran yang berbasis kasus. Pembelajaran IPA di tingkat SMP lebih menekankan pada aspek melakukan pengalaman belajar secara langsung atau bisa disebut berpikir kontekstual, yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah peserta didik. Akan tetapi realita di lapangan kemampuan berpikir kontekstual masih redah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model CTL dengan pendekatan socioscientific, mengetahui aktivitas peserta didik saat menerapkan model CTL dengan pendekatan socioscientific, mengetahui efektivitas model CTL dengan pendekatan socioscientific terhadap peningkatan kemampuan berpikir kontekstual.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik serta lembar tes yang berbentuk uraian. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji t (Two Tailed) dan uji t (One Tailed).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran model CTL dengan pendekatan socioscientific dalam kategori sangat baik, dengan memeperoleh rata-rata persentase sebesar 94% yang didasarkan pada sintaks model pembelajaran CTL yaitu penyampaian masalah kontekstual, penyelesaian masalah, penemuan konsep, dan penyampaian kesimpulan . Sedangkan aktivitas pesrta didik saat diterapkannya model CTL dengan pendekatan socioscientific dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 85% yang didasarkan pada sintaks model pembelajaran CTL yaitu penyampaian masalah kontekstual, penyelesaian masalah, penemuan konsep, dan penyampaian kesimpulan. Berdasarkan hasil uji uji-t (Two-tailed) kemampuan berpikir kontekstual peserta didik yang menggunkan model CTL dengan pendekatan socioscientific dengan model konvensional terdapat perbedaan yang signifikan. Karena terdapat perbedaan yang signifikan maka perlu di uji lanjut dengan uji-t (One-tailed) dengan mendapatkan hasil kemampuan berpikir kontekstual peserta didik yang menggunkan model CTL dengan pendekatan socioscientific lebih baik dari model konvensional. Dengan demikian, model pembebelajaran CTL dengan pendekatan socioscientific efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kontekstual peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:19
Last Modified: 29 Nov 2024 07:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30672

Actions (login required)

View Item View Item