Korelasi Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VIII di MTs Ma’arif Klego

Prastanti, Dian Ayu (2022) Korelasi Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VIII di MTs Ma’arif Klego. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
207180021_DIAN AYU PRASTANTI_TADRIS IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MTs Ma’arif Klego merupakan lembaga pendidikan
yang berada di bawah naungan pondok pesantren Hidayatul
Mubtadi’in. Jadi tidak heran jika siswanya didominasi oleh
santri. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, tidak hanya dituntut
untuk menguasai ilmi agama, tetapi mereka juga dituntut untuk
menguasai keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi
abad-21 ini yaitu keterampilan literasi sains. Keterampilan
tersebut dapat dicapai dengan membiasakan siswa untuk
membaca dan melatih kemampuan membaca pemahaman.
Namun, menurut observasi awal yang telah dilakukan penulis,
keterampilan literasi sains ini juga belum mendapat perhatian
khusus dari pihak sekolah. Sehingga siswa belum memiliki
kemampuan literasi sains secara optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) korelasi
antara kebiasaan membaca dengan kemampuan literasi sains
siswa MTs Ma’arif Klego, 2) korelasi antara kemampuan
membaca pemahaman dengan kemampuan literasi sains siswa
MTs Ma’arif Klego, 3) korelasi antara kebiasaan membaca dankemampuan membaca pemahaman secara bersama-sama
dengan kemampuan literasi sains siswa MTs Ma’arif Klego.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Jenis penelitiannya yaitu penelitian korelasional. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs
Ma’arif Klego yang berjumlah 42 siswa. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis
adalah teknik korelasi pearson product moment dan analisis
korelasi regresi berganda. Variabel dalam penelitian ini meliputi
Kebiasaan Membaca (X1), Kemampuan Membaca Pemahaman
(X2), dan Kemampuan Literasi Sains (Y).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat
hubungan yang positif anatara kebiasaan membaca dengan
kemampuan literasi sains siswa kelas VII MTs Ma’arif Klego
tahun ajaran 2021/ 2022. Melalui analisis korelasi pearson dapat
diketahui bahwa nilai sig. (2 tailed) yang diperoleh sebesar 0,00
< 0,05 maka H0 ditolak, artinya H1 diterima. 2) Terdapat
hubungan yang positif antara kemampuan membaca
pemahaman dengan kemampuan literasi sains siswa kelas VII
MTs Ma’arif Klego tahun ajaran 2021/ 2022. Melalui analisis
korelasi pearson dapat diketahui bahwa nilai sig. (2 tailed) yang
diperoleh sebesar 0,01 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya H1
diterima. 3) Terdapat hubungan yang positif secara bersama-
sama antara kebiasaan membaca dan kemampuan membaca
pemahaman dengan kemampuan literasi sains siswa kelas VII
MTs Ma’arif Klego tahun ajaran 2021/ 2022. Melalui analisis
korelasi regresi linear berganda dapat diketahui bahwa sig. F
change yang diperoleh sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak,
artinya H1 diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 07:10
Last Modified: 29 Nov 2024 07:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30669

Actions (login required)

View Item View Item